Sulitnya Memperoleh Pupuk Subsidi, Mahasiswa KKN Unila Bersama Kelompok Tani Kampung Pisang Indah Membuat Alternatif Pupuk Organik Cair (POC)

371

Way Kanan (PN) – Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Lampung priode 1 Kampung Pisang Indah, Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Way Kanan bersama Kelompok Tani Mawar Indah III melaksanakan kegiatan Praktek Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) pada hari Rabu (31/1/24) di Dusun Sripurnomo, Kampung Pisang Indah.

Penyuluh pertanian Kampung Pisang Indah, Aris Juwariyanto, yang turut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan terkait sulitnya memperoleh pupuk subsidi bagi para petani.

“Sebenarnya yang jadi masalah utama susahnya dapat pupuk yaitu karena sistem yang mengharuskan kita menggunakan aplikasi kalau mau ambil jatah pupuk. Aplikasi tersebut membutuhkan data seperti KTP, KK dan data diri petani lainnya. Nah, masalahnya adalah masih banyak data yang kadang belum sesuai atau belum terdaftar sebagai anggota kelompok tani. Makanya, bapak-bapak jadi susah mendapat pupuk subsidi tersebut”, Ujar Aris.

Aris juga menyebutkan bahwa pupuk yang diperoleh para petani yaitu Pupuk Urea sebesar 40kg/ha dan pupuk NPK sebesar 44kg/ha dalam sekali musim tanam. Meskipun demikian, disebutkan bahwa tentunya upaya pemerintah mengenai penyebaran pupuk subsidi ini memiliki tujuan yang baik. Hanya saja distribusi dan sistem yang belum cukup efektif menjadi penghambatnya.

Melihat kenyataan tersebut, Tim Mahasiswa KKN Unila yang terdiri dari Chandra Adytia, Rahmat Afrenal Alim, Ferda Ria Angelina, Shervia Dwi Aprianti, Bintang Aulia Putri Ery, Wanda Andella Putri, dan Megy Triado Permana mengajak kelompok tani di Kampung Pisang Indah untuk membuat alternatif pupuk yang bisa menjadi salah satu solusi terkait sulitnya memperoleh pupuk subsidi. Kegiatan ini dilakukan dengan sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk organik cair (POC) yang dihadiri oleh kurang lebih 35 anggota kelompok tani, aparatur kampung dan juga penyuluh pertanian Kampung Pisang Indah. Kegiatan dimulai dengan sambutan dan penyampaian penyuluhan singkat dari Penyuluh Pertanian yang kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung bersama kelompok tani.

Bapak Sugito selaku Ketua Kelompok Tani Mawar Indah III sekaligus Kepala Dusun Sripurnomo Kampung Pisang Indah merespon baik atas terlaksananya kegiatan ini.

“Alhamdulillah, kami berterima kasih atas diadakannya penyuluhan sekaligus pelatihan pembuatan pupuk yang diinisiasi oleh Mahasiswa KKN dari Universitas Lampung” ujarnya

Dalam sambutannya, Chandra selaku Ketua Kelompok KKN Unila mengungkapkan terimakasih atas kesempatannya untuk dapat melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kami berterimakasih sekali atas kesempatan yang diberikan untuk dapat melaksanakan kegiatan sosialisasi sekaligus pelatihan pembuatan pupuk organik cair (POC).Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk dapat membantu petani khususnya petani kampung pisang indah terkait permasalahan pemupukan sehingga dapat membantu dalam meningkatkan produktivitas tanaman padi. Dalam kegiatan ini juga semoga dapat menjadi ajang kita bersama untuk saling bertukar pikiran mengenai permasalahan pertanian sehingga dapat memperoleh solusi yang tepat.”

Chandra juga berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sehingga menjadi alternatif bagi petani dalam mengatasi permasalahan pemupukan.

“Adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi suatu terobosan yang dapat dimanfaatkan oleh petani untuk menunjang pertumbuhan tanaman sehingga menghasilkan produktivitas tanaman yang tinggi. Saya berharap juga petani Indonesia khususnya petani kampung pisang indah dapat menjadi petani yang makmur dan sejahtera” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini