Disparpora Agam Gandeng Perguruan Tinggi Dan Tingkatkan SDM Pengembangan Pariwisata

64

(Painews.id)Agam —-Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, gandeng perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM dan pengembangan pariwisata di daerah itu.

Hingga kini, Disparpora Agam sudah bekerjasama dengan dua perguruan tinggi yang memiliki jurusan pariwisata seperti, Politeknik Negeri Padang dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB).

Kepala Disparpora Agam, Syatria di Lubuk Basung, Jum’at (20/11/2020) mengatakan, bentuk kerjasamanya adalah mensinergikan antara program Disparpora dengan perguruan tinggi, terutama bidang pariwisata.

“Melalui Tri Darma perguruan tinggi yang diantaranya pengabdian kepada masyarakat dan juga memiliki fungsi penelitian, kita harapkan nantinya bisa disinergikan dengan program pariwisata di Agam,” katanya.

Menurutnya, melalui kerjasama ini peningkatan kapasitas SDM dan pengembangan pariwisata akan lebih efektif, karena adanya Pentahelix salah satunya perguruan tinggi dalam mendukung kegiatan tersebut.

“Dengan adanya masukan dan pemikiran dari perguruan tinggi kita akan semakin kuat dalam rangka meningkatkan kualitas penggiat pariwisata,” sebut Syatria.

Ia menjelaskan, ketika disetiap destinasi kapasitas penggiatnya sudah membaik, maka kunjungan wisatawan juga bakal meningkat yang akan berdampak kepada pergerakan perekonomian masyarakat.

“Ketika ekonomi bagus, maka kesejahteraan masyarakat juga akan menjadi lebih baik,” tuturnya.

Dikatakannya, tahun ini dilakukan penjajakan terlebih dahulu, sedangkan pergerakannya akan dimulai awal tahun depan.

Kedepan, katanya, kerjasama ini juga bakal dilakukan dengan perguruan tinggi lain seperti UNP dan AKPAR Bunda Padang.

Pihaknya sudah jalin komunikasi bersama kedua perguruan tinggi tersebut, namun belum melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA).
(Bj.Rahmat)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini