Jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung IX Th 2022 Cabor Panjat Tebing Lampura Minim Fasilitas Untuk Berlatih

75

(Painews.id) Lampung Utara — Jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung IX Tahun 2022 yang akan di gelar November mendatang tentunya menyebabkan para atlet seluruh cabang olahraga se-provinsi Lampung mempersiapkan diri untuk mengikuti perhelatan olahraga tersebut. Porprov Lampung merupakan pesta olahraga akbar yang diikuti oleh atlet Lampung dari seluruh Kabupaten/Kota dimana mempertandingkan multi kejuaraan olahraga yang diselenggarakan 4 tahun sekali.

Nantinya Porprov Lampung IX direncanakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung sebagai penyelenggaranya. Lampung Utara pun salah satu tim kontingen peserta dalam kegiatan tersebut.

Salah satu Cabang Olahraga (Cabor) yang akan mengirimkan atletnya adalah Cabor panjat tebing. Namun sayangnya, akibat minimnya fasilitas untuk berlatih, para atlet Lampung Utara (Lampura) harus berlatih di Bandar Lampung. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Harian Federasi Panjat Tebing Indonesia (FTPI) Lampura, Kurniawansyah saat berbincang pada awak media ini. “Untuk cabor panjat tebing memang kami arahkan untuk berlatih ke Bandar Lampung, karena sarana latihan di Lampura belum ada, akibatnya dana pembinaan kami alihkan ke biaya transportasi, mau bagaimana lagi” Katanya. Senin (17/1/2022)

Kurniawan mengatakan pada Porprov XIII tahun 2017 lalu, cabor ini menyumbang 2 perak dan 1 perunggu dengan hasil akhir Lampung Utara masuk di 5 besar perolehan medali di akhir kejuaraan. “Meskipun dengan minimnya sarana dan prasarana, atlet Lampung Utara tetap dapat berprestasi, baik tingkat provinsi maupun nasional,” Jelasnya.

Dirinya pula menegaskan beberapa tahun yang lalu telah mengajukan ke Pemerintah Daerah untuk menyediakan sarana dan prasarana latihan bagi atlet panjat tebing. Namun hingga saat ini belum ada titik terang, bahkan telah mendapat disposisi dari Bupati ke Dinas terkait, “Waktu itu melalui Sekretaris KONI, sudah diajukan ke Dinas melalui Kabagnya, tapi hasilnya malah melimpahkan ke Dinas PUPR dan sampai sekarang tidak ada kabarnya,” Ungkap Kurniawan.

Ketua Harian FPTI Lampura ini berharap pada Pemerintah untuk memfasilitasi sarana dan prasarana bagi atlet agar dapat meningkatkan prestasinya, tidak hanya di cabor panjang tebing, tentunya cabor lain berharap yang sama, “Pembinaan atlet generasi muda sejak dini seharusnya lebih diperhatikan lagi, melalui minat dan bakat masing-masing, baik melalui sekolah-sekolah maupun lembaga lainnya sehingga dapat mengharumkan nama kabupaten tercinta ini, baik ditingkat Nasional maupun Internasional,” Pungkasnya. (Adi/aw)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini