Bupati Agam Bersyukur, Tiga Cluster Utama Terputus, Hasil TRACKING 17 Positif Dinyatakan Negatif

35

(Painews.id)Agam —Bersyukur, sebanyak 365 orang hasil tracking yang terkontak langsung dengan tiga cluster utama positf covid 19 Agam telah berhasil dituntaskan. Seluruh hasil tracking yang dilakukan pada 6 Kecamatan di Agam, yaitu Baso, Kamang Magek, Tilatang Kamang, IV Angkek, Canduang, Lubuk Basung dinyatakan Negatif.

Seluruh hasil tracking sudah diswab dan diperiksa di laboratorium UNAND. Sejalan dengan itu, terhadap mereka diberlakukan isolasi baik secara mandiri maupun di tempatkan di BPSDM Baso menjelang hasil swab diketahui.

Ketiga Cluster utama tersebut terdiri dari: (1) Cluster “J” sebanyak 13 orang: 1 orang dinyatakan positif dan 12 orang dinyatakan negatif. (2) Cluster “AG” sebanyak 168 orang: 8 orang dinyatakan positif dan 156 dinyatakan negatif.
(3) Cluster “WN” sebanyak 184 orang: 2 orang dinyatakan positif dan 182 dinyatakan negative.

Selain tiga cluster diatas, juga terdapat 2 orang OTG positif lainnya yaitu Sdr “RI” Pelaku Perjalanan dari Jakarta dan “RD” Karyawan RSAM Bukittinggi.

Total OTG/ODP Positif di Kabupaten Agam sampai saat ini tercatat sebanyak 17 Orang. Dua orang sudah sembuh atau dinyatakan negative dan sudah dibolehkan pulang kerumahnya. Selebihnya 2 orang di isolasi di RSAM Bukittinggi dan 13 orang diisolasi di BPSDM Padang Besi, Padang.

Dalam rapat evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Agam yang dipimpin langsung oleh Bupati Agam Dr Indra Catri selaku Ketua Gugus Pelaksana Minggu malam (17 Mei) terungkap, betapa pentingnya kesiap siagaan seluruh unsur pendukung pelaksanaan tugas penanganan covid 19 di Agam. Walaupun kita merasa sudah siap namun begitu dihadapkan dengan kejadian yang sesungguhnya tetap saja ada yang dirasakan kurang.

Dari Pengalaman tersebut Indra Catri menekankan kepada seluruh anggota Gugus Tugas agar selalu berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dan memastikan sarana pendukung kerja dilapangan tersedia dengan cukup.

“Untuk itu, saya akan terus mencek serta melakukan uji coba kesiapan petugas di lapangan “ tukasnya. Perhatian lebih nampaknya perlu diberikan kepada petugas Kesehatan agar bisa bekerja sesuai Protap agar tidak terpapar pada saat menangani pasien yang terpapar. Kita sangat risau melihat fakta banyaknya Petugas Kesehatan Puskesmas yang terpapar positif dalam melaksanakan tugasnya, sebut Indra Catri

Menyikapi hal di atas, Ketua Harian GTP2 Covid Agam M.Dt. Maruhun menghimbau seluruh pihak terkait dalam penanganan covid 19 agar semakin meningkatkan pemantauan dan pengawasan terhadap pendatang dan perantau yang pulang kampung. Kepada seluruh masyarakat diharapkan tetap disiplin dengan mematuhi protokol covid 19 yang sudah dibuat oleh Pemerintah.

Sejalan dengan himabuan di atas, Bapak “AG”, dan “JN” juga menyampaikan himbaan kepada seluruh masyarakat agar lebih mengindahkan himbauan pemerintah dan para ulama.

Pada dasarnya beliau terpapar covid 19 karena kurang disiplin dalam mengendalikan diri agar tidak keluar rumah dan mengunjungi keramaian.

Kedepan marilah kita saling menjaga, saling membantu, saling melindungi diri secara bersama-sama agar keluarga, sanak saudara, dan orang disekeliling kita tidak terpapar corona lagi seperti yang pernah kami alami.

Sungguh kami sangat mengharapkan agar tidak ada lagi warga Agam yang terdampak seperti kami ini. Walaupun selama dirawat kami mendapatkan pelayanan yang sangat baik namun perasaan tetap tidak enak apalagi jauh dari sanak saudara dan tidak boleh ditemani.

Sekiranya Allah SWT memanggil kami selama dirawat di kemaren maka pertemuan kami terakhir dengan sanak keluarga adalah disaat mereka melepas kami dirumah sewaktu mau ke RSAM”.

Pada bagian lain beliau-beliau itu secara terpisah juga mengucapkan terim kasih yang sebesar besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Agam kepada Bupati Agam Nyiak Dt.Malako Nan Putiah atas kecepatan beliau menangani kami dan anak-anak kami berdua, kepada masyarakat yang mungkin terpapar karena kami, juga kepada seluruh Petugas RSAM yang telah merawat kami selama 13 hari. Kami mohon dimaafkan terutama dari Masyarakat yang mungkin terpapar karena kami,

Bupati Agam menyampaikan rasa syukur atas kesembuhan “ JN dan AG” sekaligus mengucapkan selamat dan berharap agar pengalaman yang didapat disapaikan kepada seluruh anak kemenakan, sanak keluarga, dan handai tolan lainnya. Apalagi hari raya semakin dekat, dikawatirkan kemungkinan terjadinya Transmisi Lokal akan semakin tinggi.

Marilah kita rayakan Lebaran Tahun ini sambil berdo’a kepada Allah SWT, agar bencana Covid 19 ini cepat berakhir. Mari kita saling menahan diri: “Nan Sakali kini ba harirayo dak usah jalang manjalang, cukup di rumah Sajo, jan lupo pakai masker” himbau Indra Catri mengakiri. (AL GURU).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini