Painews
Lampung Utara

Rakor Di Kecamatan Kota Bumi Bahas Cipta Lingkung Bersih Bersama DLH Dan Lurah

(Painews.id)Lampung utara – Dalam menciptakan Kebersihan dan Kesehatan bagi warga masyarakat dan Lingkungan pada setiap wilayah Desa dan Kelurahan. persoalan penanganan Sampah menjadi Topik dalam Rapat Kordinasi (Rakor) yang digelar oleh Kecamatan Kotabumi kota bersama Dinas Lingkungan Hidup (Dlh) dan di ikuti oleh Lurah sekecamatan dan para Petugas Kebersihan yang ada di setiap Kelurahan, yang digelar pada Aula Kantor Kecamatan Kotabumi kota Kabupaten Lampung utara,Rabu (21/10/2020).

Rapat Kordinasi (Rakor) penanganan sampah, dipimpin langsung oleh Camat Kotabumi kota, Nujum Masya. SE.MM, bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung utara yang didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid), para Lurah dari Sembilan Kelurahan sekecamatan Kotabumi kota dan diikuti para Petugas Bentor (Kebersihan) dari seluruh Kelurahan.

Dalam sambutan dan pengarahanya, Nujum Masya. SE. MM, menyampaikan,” Permasalahan sampah, merupakan tanggung jawab kita bersama,” penangananya membutuhkan Sinergitas dan Kordinasi dari seluruh komponen serta peran aktiv dari warga masyarakat.

Lanjutnya lagi,” Walaupun penanganan sampah telah di atur dalam Peraturan Daerah (Perda) Retribusi, namun, Retribusi dan pertanggung jawabanya masih dapat dilakukan oleh Pemerintahan Kelurahan dalam pengelolaanya Retribusinya,” papar Camat.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Dlh) dalam memberikan penjelasanya, mengatakan,” persolan penanganan sampah, menjadi tugas dan tanggung jawab bersama,” penangananya memerlukan Sinergitas dan Kordinasi dari semua pihak,” Kalau persolaan terbatasnya armada,” Masyarakat Dapat berperan aktiv dengan membentuk Kelompok Lingkungan (Pokli) yang bertugas membantu penanganan sampah dengan pengadaan Armada kebersihan (Bentor) melalui kesepakatan bersama Pemerintahan Kelurahan dalam hal pungutan Retribusi,” ujarnya.

Hal demikian, juga menjadi perhatian yang cukup serius dari Lurah Rejo sari, Opi Yansah, dalam penjelasanya, Opi Riyansah, mengatakan,” Terkait masalah sampah, sangat penting untuk di perhatikan,” ialah soal waktu pembuangan yang mesti terjadwal dan terkordinasi, serta perlunya penambahan Tempat pembuangan sampah (Tps) yang ada,” harapnya.

Senada dengan harapan yang disampaikan oleh Mardi Toha. SE, selaku Lurah Kotabumi tengah,” Dalam penanganan sampah,” saat ini kita sangat membutuhkan Armada Bentor, mengingat usia armada Bentor yang ada, Kondisinya sangat memprihatinkan karena termakan usia,” pungkasnya.

(Zar/Ri)

Related posts

Lempar Mobil Polisi dengan Batu, Pelaku Diamankan Polres Lampung Utara

Tobi

Bupati Lantik Pengurus TP PKK dan Dekranasda Lampura

Tobi

Rapat Paripurna DPRD Lampura Pembahasan Raperda APBD Perubahan tahun Anggaran 2020

Tobi
Share via