Pemkab Rakor Bersama Gapoktan menyinkronkan Program Pertanian

60

(Painews.id)Lampung Timur, Bertempat di Aula Islamic Center Kabupaten Lampung Timur Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menghadiri Rapat Koordinasi Program Pembangunan Pertanian Tahun 2020 Di Kabupaten Lampung Timur, Kamis (9/01/2020).

Dalam agenda tersebut dilaksanakan dialog interaktif oleh Bupati Lampung Timur kepada Gapoktan dan Petani yang ada di Lampung Timur.

Hadir menemani Zaiful, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Datang Cahaya Hartawan, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Perkebunan, David Ariswandy, Kepala Bagian Sumber Daya Alam pada Sekretariat Daerah, Umar Dani serta para Petani dan Gapoktan Kabupaten Lampung Timur.

Dalam sambutannya Kepala Dinas menyampaikan, “Adapun tujuan dari diadakannya rapat koordinasi ini adalah untuk menyinkronkan gerak langkah khususnya para penyuluh dan petani se Kabupaten Lampung Timur, juga kami haturkan terimakasih atas kehadiran Bapak Bupati karena ini sebagai bukti adanya perhatian yang besar untuk pembangunan pertanian yang ada di Lampung Timur”.

Dalam kesempatan yang sama Zaiful menjelaskan selaras dengan arahan Presiden, Kementerian Pertanian membuat Rencana Aksi Program Jangka Menengah (2020 – 2024) yakni Pemanfaatan KUR Rp. 50 T pertahun, Peningkatan produksi minimal 7 % pertahun, Peningkatan efesiensi biaya produksi, Pengusaha pertanian Millenial 2,5 juta orang dan Pemetaan lahan utama,andalan dan pengembangan. Ia ingin semua bisa dimaksimalkan agar pembangunan pertanian di Lampung Timur dapat terwujud.

“Program Jangka Menengah pada Kementerian Pertanian sudah sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Lampung Timur tahun 2016 – 2021 yaitu “Terwujudnya Masyarakat Lampung Timur yang aman, mandiri, sejahtera, berakhlak mulia melalui peningkatan perekonomian berbasis agribisnis/pertanian berkelanjutan dan kualitas sumber daya manusia yang berpihak kepada kepentingan rakyat, oleh karena itu saya berharap semua bisa kita maksimalkan agar apa yang menjadi visi dan misi kita bersama bisa terwujud”.

Diketahui dalam rapat koordinasi tersebut juga dilakukan Pemberian bantuan kepada 12 Gapoktan berupa
Bibit Kelapa Dalam, Bibit Lada, Bibit Kakao Sambung Pucuk, Combine Harvester Besa, Cultivator, Cron Sheller, Traktor Roda Empat, Traktor Roda Dua , Appo (Alat Penggiling Pupuk Organik), Pompa Air, Hand Sprayer dan Power Threser. Selain itu juga dilakukan pemberian tali asih kepada Pegawai Negeri Sipil yang purna bakti berjumlah 12 orang terdiri dari 9 Penyuluh Pertanian dan 3 Pegawai Negeri Sipil Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Perkebunan serta Doorprize bagi Petani dan Gapoktan. (Protokol)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini