Painews
Kota Bandar Lampung

Mahasiswa Fakultas Pertanian UNILA Buka Lapak Baca Buku Gratis 

(Painews.id)BANDAR LAMPUNG – Sekumpulan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Lampung menggelar lapak baca buku gratis di Pelataran Lapangan sepak bola Unila. Selasa (18/02/2020).

Penggiat Literasi, Wildan Hanafi mengatakan, kegiatan ini di gelar bertujuan untuk meningkatkan minat baca, khusunya untuk mahasiswa Unila dan juga masyarakat Bandar Lampung yang berkunjung ke Pelataran Unila.

Terlepas dari baca buku gratis, adapula kajian-kajian keilmuan. Diantaranya adalah Disektor Pertanian, Ekonomi, Politik, Hukum, dan lain sebagainya. Sehingga Mahasiswa Kuliah tidak hanya kuliah saja. Akan tetapi, mendapatkan wawasan yang di dapatkan antar mahasiswa.

“Pemilihan lokasinya kita pilih di sini karena tempat ini salah satu pusat keramaian yang memungkinkan menggugah para pengunjung untuk membaca buku”, Ujarnya, Rabu (19/02/2020).

Lanjut Wildan, menurut Kompas.com, penelitian yang dilakukan organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan PBB (UNESCO) pada 2016 terhadap 61 negara di dunia menunjukkan kebiasaan membaca di Indonesia tergolong sangat rendah.

Penyebab rendah minat dan kebiasaan membaca itu antara lain kurangnya akses, terutama untuk di daerah terpencil. Hal itu merupakan salah satu yang terungkap dari Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Kegiatan membaca saat sudah mulai berkurang, sehingga kami hadir untuk mengembalikan budaya literasi di masyarakat dan mahasiswa, khususnya Unila”, terang Wildan.

“Jadi kegiatan membaca buku ini agar tidak hilang ditelan zaman, saya bersama teman saya membentuk sebuah komunitas membaca,” Sambungnya.

Related posts

“Menakar Demokrasi Dalam Pandemi” Buku karya Wendy Melfa, Akan Diluncurkan

Tobi

Ketua Advokasi Apjati (DPD Lampung) Apresiasi Kabadan Dukung Langkah Menaker Cabut Moraturium Permen 151

Tobi

Dalam  Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, Medinas Lampung Terima Disinfektan dan APD Dari Polda Lampug 

Tobi
Share via