Painews
Agam Provinsi Sumbar

PUTR Pemkab Agam Memperlebar Jalan dari Arah Simpang Panta Matur Menuju Batas Kota Bukittinggi

(Painews.id) Agam —Pemerintah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, sedang mengerjakan pelebaran ruas jalan Simpang Panta Kecamatan Matur- Batas Kota Bukittinggi ditahun 2020 ini.

Kabid Bina Marga DPUTR Kabupaten Agam, Hermon Triyoga, Selasa (11/8/2020) menyebutkan, jalan ini diperlebar dari lebar 3,5 meter menjadi lebar 5,5 meter, termasuk bahu jalan dan saluran irigasi.

“Tahun ini pengerjaan dilaksanakan sepanjang 1,7 kilometer.
Pengarukan sisi tebing bagian kanan jalan dari arah Matur dan beberapa titik pada bagian kiri jalan kita parit dan kemudian jalan yang diperlebar langsung kita aspal,” ujarnya.

Dikatakan, pengerjaan dilakukan selama 180 hari atau 6 bulan, yang sudah dimulai 8 Mei 2020 dan akan berlangsung hingga November 2020, dengan anggaran Rp3,7 miliar lebih.

Pelebaran jalan ini, katanya, didukung masyarakat terutama para pemilik tanah, yang dibuktikan dengan pembebasan tanah tanpa ganti rugi. Jauh sebelum pengerjaan, pihaknya juga sudah mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pelebaran jalan itu.

Menurutnya, ruas jalan Simpang Panta-Batas Kota sudah layak diperlebar, karena jalan itu ramai dilewati kendaraan baik yang hendak ke Bukittinggi maupun ke Agam.

Tidak hanya itu, Pemkab Agam juga melakukan pelebaran jalan Kubang Putiah Kecamatan Banuhampu yang pengerjaannya satu paket dengan ruas jalan Simpang Panta-Batas Kota.

Ruas jalan Kubang Putiah, sudah dimulai pekerjaan pelebarannya dari 3,5 meter menjadi 7,5 meter termasuk bahu jalan dengan panjang 750 meter.

“Anggaran untuk pelebaran ruas jalan kubang putiah ini sebesar Rp973 juta lebih. Tahun ini pengerjaan jalan dilakukan sebanyak 4 paket dan 1 paket jembatan,” terangnya.

Dijelaskannya, rencana kegiatan sebelumnya ada 15 paket jalan yang akan dikerjakan dan 6 paket jembatan, mengingat anggaran yang direfocusing untuk penanganan Covid-19, hanya dapat terlaksana 4 paket jalan dan 1 paket jembatan.humas.
(Bj.Rahmat)

Related posts

Mengabdi 15 Tahun, Kader PKK Agam Terima Penghargaan Adhi Bhakti Madya

Tobi

Masa Belajar Di Rumah ( Daring) Di Kabupaten Agam Diperpanjang

Tobi

DPRD Agam Setujui Ranperda Pembentukan Nagari Dijadikan Perda

Tobi
Share via