KKN Kelompok Tiga UNISAB Di Sungai Langka, Sosialisasi Tata Cara Pembukuan Keuangan UMKM

566

(Painews.id) Pesawaran — Kegiatan KKN kelompok tiga di desa Sungai Langka kec. Gedung Tataan kabupaten Pesawaran, dibuka langsung oleh kepala desa Sungai Langka, Erwan Sukijo. Dalam rangka penyuluhan tata cara pembukuan keuangan UMKM turut hadir pada kegiatan tersebut, dosen pembimbing lapangan Yudi Yusnandi S.H., M.H., dosen falkutas ekonomi ahli akuntansi, Deviana Sari S.E., M.S.Ak, sebagai nara sumber, didampingi Nia Azriya, S.E.M.S.Ak, Septia Uswatun Hasanah, Spd., M.P.d,. dan para peserta ibu – ibu pelaku UMKM didesa sungai langka. Sabtu 4/02.

Dalam sambutannya Kepala Desa Sungai Langka Erwan Sukijo Sp., alhamdulilah hari ini kita dapat mengikuti penyuluhan tata cara pembukuan keuangan UMKM, dalam kesempatan yang baik ini, perlu kami sampaikan bahwa yang hadir adalah ibu ibu yang merupakan pelaku usaha UMKM didesa sungai langka. 

Kami ucapkan selamat datang kepada bapak dosen pembimbing KKN mahasiswa dan nara sumber pada acara kegiatan penyuluhan tata cara pembukuan keuangan UMKM, dan tentunya kepada mahasiswa yang melaksanakan KKN, kegiatan hari ini merupakan pengabdian kepada masyarakat dan kami ucapkan terima kasih atas terlaksana kegiatan hari ini.

Semoga kegiatan ini dapat di mamfaatkan untuk memajukan pelaku usaha UMKM, untuk di ketahui yang hadir pada ini adalah ibu ibu pelaku UMKM, di desa sungai langka selajutnya silahkan ibu ibu mengikuti acara pada hari ini, dan diperhatikan apa yang disampaikan ole nara sumber, agar ibu ibu mendapatkan ilmu tata cara pembukuan keuangan UMKM. Ucap kades Erwan. 

Nara sumber dosen falkutas ekomi ahli akuntansi, Deviana Sari S.E., M.S.Ak, menyampaikan ibu – ibu pelaku usaha UKKM ada beberapa hal yang di perhatikan dalam menata pembukuan keuangan yang kesatu pastikan membuat laporan keuangan perusahaan dan pribadi telah terpisahkan, kedua mata uang yang digunakan dan alat ukur, ketiga kelengkapan bukti transaksi, keempat laporan keuangan (neraca laporan rugi laba, laporan perubahan modal dan laporan arus kas).

Ahli akuntansi, Deviana Sari S.E., M.S.Ak, mengatakan ada beberapa langkah dalam membuat laporan keuangan UMKM, mentatat seluruh transaksi dibuku kas umum / laporan kas harian, mencatat kas masuk / keluar kedalam buku penerimaan / pengeluran kas, mencatat jumlah persediaan dan menggunakan salah satu metode persediaan, mencatat aset hutang dan piutang serta bahan bahan usaha, dan laporan keuangan laba/rugi neraca.

Kegiatan ditutup dengan diskusi tanya jawab, dan foto bersama. (**)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini