Dukung Pengembangan Pariwisata, Komisi III DPRD Agam Kunjungi Pokdarwis Sabai Nan Aluih Padang Tarok

43

(painews.id) Sumatera Barat — Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam menyambangi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sabai Nan Aluih di Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Rabu (22/09).

Kunjungan itu merupakan bentuk dukungan anggota legislatif terhadap inisiatif swadaya masyarakat dalam memajukan sektor kepariwisataan di Kabupaten Agam, khususnya di Nagari Padang Tarok.

Ketua Komisi III DPRD Agam, Aderia saat kunjungan mengatakan, upaya Pokdarwis Sabai Nan Aluih beserta masyarakat setempat dalam memajukan dunia pariwisata di Nagari Padang Tarok patut diapresiasi.

Pokdarwis Sabai Nan Aluih beserta masyarakat dan pemerintah setempat yang telah berswadaya membuka jalan wisata perlu mendapatkan dukungan, baik dari DPRD maupun stakeholder terkait.

“Upaya Pokdarwis Sabai Nan Aluih dalam menarik partisipasi masyarakat, baik di rantau maupun di ranah sungguh luar bisa. DPRD Agam khususnya Komisi III akan memberi dukungan anggaran pembangunan untuk mengembangan wisata Pokdarwis Sabai Nan Aluih di Nagari Padang Tarok,” ujarnya.

Menurut Aderia, antusiasme masyarakat yang telah terbangun diharapkan dapat menjadi motivasi sejumlah unsur menjadikan kawasan tersebut sebagai desa wisata.

“Kita minta kepada Dinas Pariwisata untuk memberi dukungan dan memotivasi Desa Wisata Sabai Nan Aluih dan perlu duduk bersama antara DPRD dan Dinas Pariwisata untuk menjemput bola ke Kementerian Pariwisata,” ujarnya.

Aderia mengucapkan terima kasih atas usaha masyarakat baik perantau maupun yang di kampung, dan juga pemerintah kecamatan hingga nagari, jorong serta tokoh masyarakat.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Agam yang juga putra daerah Padang Tarok, Doddi ST mengatakan dana swadaya dari masyarakat sudah hampir mencapai Rp.200 juta.

Menurutnya, kedepan perlu dorongan dari DPRD Agam dan Dinas Pariwisata. Doddi juga berharap terjalin koordinasi yang solid dengan OPD terkait yang membidangi.

Doddi,ST mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota komisi III karena permintaan dari masyarakat melalui wakilnya yang duduk di Dprd Doddi,ST untuk mendatangkan anggota Dprd ke Pokdarwis Sabai Nan Aluih hari jadi kenyataan.

Sekretaris Kecamatan Baso, Mohammad Noviardi Ismail mengatakan pihak kecamatan juga turut dalam penjajakan dan mendorong bukan di pariwisata saja, tapi juga kesejahteraan masyarakat.

Pihaknya berharap, DPRD Agam dapat mendorong pengembangan wisata melalui daa pokir dan DAK.

“Semoga apa yang telah direncanakan cepat tercapai,” ujarnya berharap.

Wali Nagari Padang Tarok, H. Dt. Bandaro Pucuak menambahkan, pengembagan sektor wisata di daerah itu murni dari anak Nagari Padang Tarok, khususnya Jorong Titih.

“Ini murni sumbangan swadaya masyarakat di kampung dan di rantau. Kami berharap juga ada sokongan dari DPRD dan Dinas Pariwisata dan dimasukan kedalam RKP untuk tahun 2022,” ujarnya.

Diketahui, kunjungan anggota legislatif ke Nagari Padang Tarok dipimpin langsung Ketua Komisi III, Aderia, beserta anggota, Humas DPRD Agam, Hasneril serta pendamping komisi III dari Sekretariat DPRD.

Turut dalam rombongan, Kepala Dinas Pariwisata, Satria, Sekretaris Dinas Pariwisata, Subchan. Rombongan disambut oleh Sekcam Kecamatan Baso, Mohammad Noviardi Ismail, Walinagari Padang Tarok, H Dt Bandaro Pucuak, Wali Jorong, Titih Deni Wahyu Putra,SH, Sekretaris Pordarwis Sabai Nan Aluih beserta tokoh masyarakat.
(Bj.R/Humas Dprd Agam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini