Painews
Hukum Kota Bandar Lampung PAI

Dugaan Malpraktek Oknum Bidan, LBH PAI Siap Menempuh jalur Hukum

(Painews.id)Bandar Lampung — Menurut keterangan klien kami, istri klien kami Sdr. Ernawati warga Sepang jaya labuan dalam, bandar lampung merupakan pasien kandungan Bidan ASMALANAH SADDAM, alamat, labuan dalam bandar lampung.

Tiap kali pemeriksaan rutin kandungan istri klien kami dalam keadaan normal/baik.
Hal tersebut juga dibuktikan oleh hasil pemeriksaan dokter kandungan.

Minggu 12 April 2020 sekitar pukul 23.00 WIB istri klien kami merasakan mules, dan langsung diantar keluarga menuju tempat persalinan bidan ASMALANAH SADDAM. Pukul 00.00 WIB klein kami melihat sang istri dalam keadaan baik, sedang ditangani asisten bidan, lalu datanglah bidan (ASMALANAH SADDAM, melalui penanganannya istri klien kami sekitar Pukul 01.00 WIB melahirkan anak pertamanya, satu bayi laki-laki dalam keadaan sehat dan proses persalinnya normal.

Setelah proses persalinan tersebut klien kami melihat secara manual tangan bidan masuk kedalam perut istri klien kami maka istri klien kami menjerit merasakan sakit akan tetapi bidan tetap memasukan lagi tangan kedalam perut istri klien kami dan datanglah satu orang lain yang ikut memasukan tangan kedalam perut istri klien kami, setelah hal tersebut dilakukan, istri klein kami mengalami pendarahan hebat dan pada saat di jahit tetap terjadi pendarahan maka bidan ASMALANAH SADDAM, merujuk istri klien kami ke R.S. IMANUEL Bandar Lampung, dalam keadaan pendarahan tersebut klien kami cemas sambil menunggu datangnya GO-CAR, yang dipesan, klien kami kecewa mengapa dalam keadaan gawat tersebut tidak ada fasilitas kendaraan yang siap di tempat bersalinan, mengingat kejadian tengah malam apakah mudah mendapatkan kendaraan umum.

Tanpa pengawalan langsung sang bidan pukul 03.00 WIB istri klien kami sampai di RS. IMANUEL dalam keadaan kritis lalu segera mendapatkan pertolongan medis, petugas menerangkan bahwa rahimnya terbalik dan jika nyawanya ingin tertolong maka harus diangkat dan istri klien kami harus dioperasi lalu dirawat selama 1 bulan penuh di RS. Imanuel.

Klien kami secara kekeluargaan telah meminta pertanggung jawaban dari bidan ASMALANAH SADDAM, tetapi tidak mendapatkan jawaban yang kongkrit, dan dari awal masuk Rumah sakit sang bidan tidak pernah menengok terkait keadaan istri klien kami.

Berdasarkan uraian diatas kami selaku kuasa hukum menilai telah terjadi dugaan Malpraktek yang dilakukan oleh Bidan ASMALANAH SADDAM, terhadap istri klein kami.

Perbuatan kecelakaan medik ataupun tindak pidana malpraktek dapat disebabkan oleh Faktor kelalaian (culpa). Kelalaian menurut hukum pidana terbagi dua macam. Pertama, “kealpaan perbuatan”. Ialah apabila hanya dengan melakukan perbuatannya itu sudah merupakan suatu peristiwa pidana, maka tidak perlu melihat akibat yang timbul dari perbuatan tersebut sebagaimana ketentuan Pasal 205 KUHP. Kedua , “ kealpaan akibat”. Kealpaan akibat ini baru merupakan suatu peristiwa pidana kalau akibat dari kealpaan itu sendiri sudah menimbulkan akibat yang dilarang oleh hukum pidana, misalnya cacat atau matinya orang lain seperti yang diatur dalam Pasal 359,360,361 KUHP.

jika mengacu pada contoh-contoh kasus tindak pidana Malpraktek di indonesia yang sering terjadi adalah:
Malpraktek Sempit yaitu: tindakan dilakukan dengan sadar, dengan tujuan tindakan memang terarah kepada akibat yang hendak ditimbulkan, walaupun ia mengetahui bahwa tindakan tersebut bertentangan dengan hukum yang berlaku.
Pada kelalaian yaitu : tidak ada motif atau pun tujuan untuk menimbulkan akibat yang terjadi. Akibatnya yang timbul disebabkan karena adanya kelalaian yang sebenarnya terjadi diluar kehendaknya.

Maka dengan acuan regulasi hukum tersebut, kami selaku lembaga yang consen terhadap penegakan hukum dan HAM akan segera menempuh jalur hukum Pidana agar hal tersebut, tidak terjadi pada orang lain dan terdapatnya efek jera/kehati-hatian dalam penanganan pasien.

MUHAMAD ILYAS,
Dir. LBH.PAI Lampung ( Perkumpulan Advokaten Indonesia )

Related posts

Kodim 1805 Raja Ampat Ciduk Pengedar dan Pemakai Narkoba,Danunit Intel: Pelaku Sudah Kami Serahkan ke Polres

Tobi

Kurang Dari 8 Jam Pencuri Rumah Sumarmin Di Ciduk Polsek Dente Teladas

Tobi

Pengukapan Dugaan Tipikor Dana Desa Tahun 2017, Kades Tri Sinar Kamirah, Terkendala Disposisi Bupati Lampung Timur

Tobi
Share via