Painews
Daerah Pembangunan

Wujudkan Penghijauan, Kodam Pattimura Tanam Ratusan Mangrove di Pesisir Pantai

(Painews.id) Kota Ambon Kodam XVI/Pattimura melakukan penanaman Mangrove bersama Polri (Polda Maluku), Persit KCK PD XVI/Pattimura, siswa-siswi Pelajar dan masyarakat di Pantai Kate-Kate, Desa Poka, Kec Teluk Ambon, Kota Ambon, Minggu (08/03/2020) pagi.

Penanaman Mangrove di daerah pesisir tersebut bertemakan “Perlindungan Daerah Putih” penghijauan pantai dan pelestarian pesisir sekaligus bersih-bersih laut, pantai dalam rangka Serbuan Teritorial Kodam XVI/Pattimura Tahun 2020.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Asisten Teritorial Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Ali Aminudin mewakili Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, dihadiri juga oleh para Pejabat Utama (PJU), Para Dansat dan Kabalak Jajaran Kodam XVI/Ptm, Dandim 1504/Ambon Kolonel Kav Cecep dan Bapak Raja Hunut selaku perwakilan daerah setempat.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dalam sambutannya yang dibacakan Aster Kasdam XVI/Pattimura menyampaikan, mengingat kondisi geografis Provinsi Maluku yang merupakan wilayah perairan dan tempat yang sangat subur untuk ditanami berbagi tumbuhan dan pohon, termasuk pohon mangrove, kegiatan penghijauan ini diharapkan bermanfaat bagi kelangsungan hidup ekosistem biota laut.

Dipilihnya pohon yang memiliki nama ilmiah Rhizophora apiculata Bl tersebut karena mangrove sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut. Selain itu mangrove sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di pesisir karena dapat menjadikan lingkungan menjadi hijau dan menghasilkan oksigen serta menyerap karbondioksida karena akar yang banyak dan batang yang kokoh sehingga dapat mencegah bahaya banjir, ombak dan abrasi air laut.

“Mengingat manfaat mangrove yang begitu besar, maka diperlukan peran serta seluruh elemen bangsa untuk bahu membahu memberikan kontribusi yang optimal untuk menjaga agar pohon mangrove ini tetap terpelihara dengan baik”, ungkap Pangdam.

“Perlu kita sadari bersama bahwa aktivitas dan kebiasaan dalam keseharian kita yang tidak terkendali dengan baik, justru turut menyebabkan kerusakan ekosistem mangrove sehingga dapat menyebabkan kepunahan. Oleh karena itu, dengan kegiatan penanaman pohon mangrove yang kita laksanakan hari ini diharapkan dapat mendorong kesadaran, kemauan dan partisipasi bersama untuk terus menjaga dan melestarikan pohon mangrove”, jelas Pangdam. (Pendam16)

Related posts

Paguyupan PORTAL Membagikan Takjil dan Masker Kepada Warga Masyarakat Lingkungan

Tobi

Satuan Yonarmed a15/105 Tarik Bersama Kapolres, Tepbek Martapura, Pemda Oku Timur, Bersenergi Mencegah Penyebaran Covid 19

Tobi

Dukungan Relawan Mamak Rumah Tilatang Kamang Lamo Kepada Rang sumando H.M.Ramblan SH.Dt.Nan Basa/Anak Pusako Syahrizal ST Dt Palang Gagah

Tobi
Share via