Wakil Ketua Gugus Tugas Covid 19,Ketua DPRD Mingrum Gumay Berkunjung Ke Lampung Timur

66

(Painews.id)Lampung Timur —, Kunjungan Lapangan Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) Provinsi Lampung Ke Kabupaten Lampung Timur diterima langsung Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, Bertempat di  Sekretariat Gugas Tugas Covid-19 Kabupaten Lampung Timur, Senin, (20/04/2020).

Adapun yang Berkunjung ke Lampung Timur Ketua DPRD Provinsi Lampung yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Covid 19 Mingrum Gumay, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung Lukmansyah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung, Satria Alam.

Mengawali sambutannya Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menyampaikan laporan terkait penanganan Covid 19 Di Lampung Timur kepada ketua rombongan yakni Ketua DPRD Provinsi Lampung yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Covid 19 Mingrum Gumay.

“Kami ingin melaporkan beberapa hal terkait dengan penanganan Covid 19 di Lampung, Timur ada beberapa langkah yang sudah kami lakukan dalam hal ini ada beberapa hal yang akan kami laporkan secara langsung kepada ketua tim yakni data jumlah orang di pantau sebanyak 5805 orang, selesai dalam pemantauan 7765 orang, ODP 40 orang, PDP 0 dan yang positif 0”.

Masih oleh Zaiful “Terkait sistem penyelenggaraan posko gugus tugas dapat dilaporkan sebagai berikut sesuai dengan arahan pemerintah pusat dan Bapak Gubernur dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid 19, Lampung Timur bekerjasama dengan forkopimda hingga dengan saat ini telah terbangun 10 posko perbatasan di wilayah dan juga sejumlah posko yang ada di pasar daerah dan di pasar desa”.

“Terkait dengan kesediaan SDM sarpras dan juga penunjang diagnosis di rumah sakit umum daerah Sukadana bahwa telah tersedia 16 dokter spesialis 13 dokter umum 42 perawat dan sarpras lainnya. Saat ini untuk ruang ICU belum tersedia baik dengan ventilator maupun tanpa ventilator dikarenakan peralatan ventilator dalam pemesanan”.

Pada momen tersebut pria yang akrab disapa Bang Ipul ini juga menyampaikan bahwa Pemerintah Lampung Timur juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan masker.

“Terkait dengan sosialisasi pemakaian masker kami telah mensosialisasikan yang baik kepada masyarakat dan alhamdulillah berdasarkan pemantauan kami masyarakat kita sudah banyak yang menyadari penggunaan dari masker ini sangat penting dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona ini”.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Zaiful juga menyampaikan bahwa total alokasi dana desa yang digunakan untuk penanganan Covid 19 di Lampung Timur sebanyak 9,67 milyar. “Kami juga ingin sampaikan bahwa total alokasi dana desa yang digunakan untuk menangani konflik 19 ini sebesar 9,67 miliar atau rata-rata 3% dari total dana desa di masing-masing Desa”, ujar orang nomor satu di Bumei Tuwah Bepadan itu.

Ditempat yang sama, usai acara, ketika dimintai keterangannya, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay, menyampaikan bahwa kedatangannya beserta rombongan ke Lampung Timur kali ini untuk melihat sejauh mana upaya pemerintah dalam menangani permasalahan terkait Covid 19 ini.

“Hari ini kita melakukan koordinasi dan kunjungan kerja kepada gugus tugas Kabupaten Lampung Timur jadi kita ingin melihat apa yang sudah dilaksanakan dan hambatan-hambatan apa yang terjadi dan kedepannya seperti apa disini, kami juga ingin mendorong penggunaan Balai Desa di Lampung Timur ini yang terdiri dari 24 Kecamatan dan ratusan desa itu bisa dijadikan posko yang nantinya di bawah koordinasi bapak kepala desa melibatkan Bayan nya, RT, RW, Karang Taruna dan Rismanya itu semua bisa, serta bisa juga menggunakan anggaran Desa sekian persennya yang dialokasikan ke Covid 19 ini, yang penting dia terukur, terarah dan tepat administrasinya serta bisa dipertanggungjawabkan itu prinsipnya”, ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Covid 19 Provinsi Lampung itu.

Dalam acara tersebut, selain penyampaian laporan dilakukan pula penyerahan masker dari provinsi kepada Kabupaten Lampung Timur.

Usai acara, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan oleh rombongan gugus tugas dari provinsi ke RSUD Sukadana, Tempat Ruang Isolasi, dan dilanjutkan meninjau pasar Sukadana dalam rangka mengecek harga sembako dan pos gugus tugas covid 19, serta pos gugus tugas yang ada di Kecamatan Way Bungur. (Lipsus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini