Wagub Chusnunia Sampaikan 3 Indikator Makro Pembangunan Tahun 2022 dalam Rakor di Bappeda Lampung

43

(Painews.id )BANDAR LAMPUNG —- Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menyampaikan 3 indikator makro pembangunan dalam Rapat Koordinasi Bidang Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Manusia bagi Bappeda se-Provinsi Lampung di Ballroom Hotel Horison, Selasa (11/01/2022).

Tiga indikator itu yaitu pertama kemiskinan, sebagai akar permasalahan utama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kedua, upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, dan ekonomi), dan ketiga perlunya pembukaan lapangan kerja baru atau wiraswasta, mengingat semakin meningkatnya pencari kerja imbas dari Covid-19.

Menurut Chusnunia, sasaran makro pembangunann Provinsi Lampung adalah pertumbuhan ekonomi sebesar 5,6-5,9%, presentase kemiskinan sebesar 10,14-11,5%, tingkat pengangguran terbuka yakni sebesar 3,66%, dan indeks pembangunan manusia (IPM) sebesar 71,49%, serta pertumbuhan Rasio Gini sebesar 0,32-0,33%.

Chusnunia menjelaskan untuk mendukung pencapaian target indikator sasaran makro, terdapat beberapa program/kegiatan yang menjadi prioritas pada Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia yaitu :
1. Tujuan pembangunan berkelanjutan;
2. Penanggulangan kemiskinan rencana penanggulangan kemiskinan daerah lalu rencans aksi tahunan dan laporan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan daerah;
3. Percepatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui Indeks Pembangunan Manusia;
4. Sinegritas dan sinkronasi pelaksanaan grand design pembangunan kependuduka;
5. Program Pangan dan Gizi;
6. percepatan penanggulangan Stunting melalui pelaksanaan 8 aksi konvergensi;
7. Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal;
8. Peningkatan kesadaran Hak Asasi Manusia, melalui pelaksanaan Aksi Rencana Aksi Daerah Hak Asasi Manusia.

“Saya memahami dengan keterbatasan yang ada pada kita, termasuk kemampuan keuangan daerah, pengembangan sumber daya, kondisi sosial masyarakat dan sebagainya. Oleh karena itu diperlukan adanya upaya, kerja keras dan komitmen kita bersama dalam upaya percepatan pelaksanaan pembangunan di Provinsi Lampung”, ujar Chusnunia.

Pada kesempatan itu, Wagub Chusnunia juga berharap pelaksanaan Rakor ini menjadi sarana sinergitas dan koordinasi antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan Kabupaten/Kota se-Lampung dalam upaya percepatan pelaksanaan pembangunan mewujudkan Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2019-2024, terutama pada Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia.

Proses pembangunan di tahun 2022, ujar Wagub, perlu dilaksanakan secara matang, mulai dari tahapan perencanaan, proses pelaksanaan dan monitoring evaluasi.

“Kita berharap pertemuan ini dapat menghasilkan hal yang baik, bagus, dan konkret bagi kepentingan pembangunan Provinsi Lampung,” ujarnya.
(Adpim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini