Universitas Tulang Bawang Lampung adakan kegiatan PKKMB Dan Kuliah Umum Untuk Calon Mahasiswa Baru

74

(Painews.id) BANDAR LAMPUNG — Kegiatan tersebut di hadiri Ketua YAPIPILA, Rektor UTB Lampung, Wakil Rektor I, II, III, IV Dan Di Hadiri Oleh Anggota DPR / MPR RI Bapak Drs. Hi. Mukhlis Basri Serta Seluruh Dekan Dan Bapak/ibu Dosen yang ada di Lingkup UTB Lampung”

PKKMB dan Kuliah Umum Ini di adakan Dua Hari, Sabtu Dan Minggu di Aula Universitas Tulang Bawang ( UTB ) Lampung, 17/09/2022.

Dalam Kegiatan Tersebut Rektor UTB Lampung Bapak Dr. H. Achmad Moelyono MH. Menyampaikan dalam sambutannya, PPKMB merupakan forum pengenalan kehidupan kampus dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Pengenalan kehidupan kampus dengan materi yg bersifat ekstra seperti konsep 4 pilar kebangsaan dan era digitalisai. Dan materi yg bersifat intra kampus seperti sistem pendidikan tinggi, hal akademik dan administratif serta kemahasiswaan.

Sehingga dengan materi-materi tersebut Mahasiswa baru dapat segera menyesusikan diri beradaptasi dengan kehidupan kampus.

“Ditempat yang sama Ketua YAPIPILA UTB Lampung Bapak M. Puncak Setiawan, S.P, M.M dalam sambutan nya menyampaikan, Ucapan Terimakasih Kepada kalian yang Sudah percaya memilih kampus ini menjadi tempat belajar dan pembelajaran dalam menuntut ilmu, insyaallah semoga apa yang di cita-cita kan dapat tercapai.”

“Lanjut nya, Kami menitipkan mahasiswa UTB Lampung, jaga amanah yang telah kami berikan di berikan masyarakat, Didik mereka untuk menjadi orang yang cerdas dan berakhlak mulia sehingga cita cita mereka dapat tercapai.” Harapnya dalam sambutan

“Dalam Penyampaian Pemateri Drs. H Mukhlis Basri Memaparkan Pancasila dan musyawarah mufakat merupakan manifestasi kultur bangsa Indonesia yang harus dipertahankan. Kalau kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai kulturnya, maka negara bisa menjadi lebih bagus.”

Lanjut anggota DPR RI/MPR RI asal Dapil 1 Lampung Mukhlis Basri

Menurutnya, Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi negara kita. Sebagai falsafah negara, Pancasila menjadi acuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

“Bangsa yang berperadaban unggul, salah satu cirinya adalah bangsa yang mampu menunjukkan karakter dan jati dirinya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain. Harus mampu mengaktualisasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman. .” Urai mantan bupati Lampung Barat 2 periode itu.

Sementara itu, ketika menanggapi pertanyaan salah satu Mahasiswa yang menanyakan perihal kenaikan harg BBM, Mukhlis mengatakan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) merupakan upaya pemerintah untuk mengoptimalkan manfaat APBN sebaik-baiknya bagi masyarakat yang lebih membutuhkan, serta melindungi masyarakat miskin dan rentan miskin dari dampak kenaikan harga pangan dan energi.

Dalam hal ini, pemerintah telah menaikkan anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 sebesar lebih dari 3 kali lipat, yaitu dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun. Namun distribusi manfaatnya ternyata lebih banyak dinikmati oleh kelompok masyarakat mampu, sehingga perlu diberlakukan kebijakan pengalihan subsidi agar lebih tepat sasaran dan berkeadilan untuk meringankan beban APBN 2022 dan meningkatkan ruang fiskal 2023.

“Selama ini subsidi BBM kompensasi ini lebih banyak dinikmati oleh mereka yang lebih banyak menggunakan kendaraan, artinya orang-orang yang lebih mampu lebih banyak menikmati subsidi ini. Nah kalau kemudian kita bisa alihkan ini, kita bisa mengubah bentuknya menjadi bentuk rasa support kita kepada orang yang miskin atau rentan miskin tentu akan menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Materi Ke dua di sampai kan oleh Wakil Rektor II Bapak Dr. Hasan Basri M.Si Yaitu memaparkan, Perguruan Tinggi Di Era Revolusi industri 4.0 Dan Kehidupan Kampus Pada Masa Pandemi.

Poin Poin yang di sampaikan Yaitu, Perkembangan Revolusi Industri, Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0, 4 Kompetisi Yang Harus Di Miliki Pengajar, Covid 19 dan Pelayanan Bidang Pendidikan Era 4.0

Dan Kesempatan Kolaborasi di tengah wabah Covid 19. ” Paparnya

“Dilanjut Materi Ke Tiga yaitu di isi oleh Wakil Rektor I Bapak Suhaimi, S.Sos M.Ikom Memaparkan Poin-poin Materi Kegiatan Akademik Di Perguruan Tinggi Yaitu, Fungsi Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Pada Masyarakat ( PKM ), Program Pendidikan Pada Universitas Tulang Bawang Lampung adalah Menyelenggarakan Program Pendidikan Sarjana ( STRATA 1 ).”

“Lalu Pelaksanaan Pendidikan UTB Lampung, Kelompok Mata Kuliah, Pelaksanaan SKS, Her Registrasi, Pembimbing Akademik, Kegiatan Pembelajaran, Evaluasi Hasil Belajar, Sistem Penilaian, Ujian Skripsi, Pelaksanaan Program MBKM, Dan Wisuda. Itulah Poin-Poin Yang Di sampai kan oleh Wakil Rektor I.” (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini