Tinjau Pembangunan Bendungan Marga Tiga, Gubernur Arinal Djunaidi Lakukan Penanaman Pohon

56

(Painews.id) LAMPUNG TIMUR—Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan Penanaman Pohon dalam rangka kegiatan Peringatan Hari Bakti PUPR ke-77 di Bendungan Marga Tiga Lampung Timur, Selasa (27/09/2022).

Gubernur Arinal menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan potensi air yang besar, potensi air dimanfaat-kan untuk memenuhi kebutuhan seperti sumber air minum, irigasi, industri, pembangkit listrik dan perikanan.

Menurut Gubernur, ketersediaan air bagi pertanian dinilai sangat penting, dengan air yang cukup maka produksi pertanian terutama padi dapat diproduksi secara maksimal.

Dengan pemenuhan air yang cukup, Provinsi Lampung berhasil menjadi salah satu lumbung padi nasional, pada tahun 2021 Provinsi Lampung mendapatkan peringkat pertama dalam penghargaan Abdi Bakti Tani. Penghargaan ini diberikan kepada Provinsi Lampung dengan peningkatan produksi padi tertinggi pada tahun 2019-2020.

Namun demikian, menurut Gubernur untuk tetap menjaga ketersediaan air yang cukup maka perlu dilakukan upaya-upaya, salah satunya dengan penanaman pohon sebagai media resapan air tanah.

“Tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan air semakin berat dari waktu ke waktu seiring dengan adanya pemanasan global dan perubahan iklim yang telah mengakibatkan kenaikan suhu permukaan bumi, oleh karena itu Pada kesempatan ini, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam melakukan kegiatan konservasi air serta menjaga kelestarian alam, agar generasi penerus dapat merasakan manfaatnya,” ajak Gubernur.

Disamping menanam pohon, Gubernur Arinal juga melakukan peninjauan pembangunan Bendungan Marga Tiga yang rencananya akan selesai pada bulan Desember dan akan diresmikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Selain menanam pohon, hari ini saya juga mengajak Pak Kapolda untuk melakukan peninjauan sekaligus persiapan pengamanan, karena saya sudah minta dengan hormat kepada Presiden agar beliau dapat secara langsung hadir pada peresmian Bendungan Marga Tiga, jadi jangan sampai ada hal-hal yang tidak maksimal,” ucap Gubernur.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung (BBWS-MS) Ir.Alexander Leda ST,MT dalam laporannya menyampaikan bahwa progres pembangunan Bendungan Marga Tiga saat ini secara fisik sudah mencapai sekitar 97,5%

“Artinya secara fisik sudah selesai yang tertinggal adalah perapihan-perapihan dan land clearing, pembersihan genangan dan pembebasan lahan, saya harap sesuai janji Pak Gubernur kepada Pak Presiden bahwa bulan Desember selesai,” ucapnya.

Kemudian terkait ucapan Gubernur bahwa ketersediaan air sangat penting untuk pertanian, Alexander Leda menyatakan bahwa insan PUPR siap mendukung sepenuhnya semua program-program Gubernur Lampung, terutama dalam hal ketersediaan air, ketahanan air, dan ketahanan pangan.

“Saya ibaratkan bahwa sungai adalah pembuluh darah, jantung daripada ketersediaan pangan, bukan saja provinsi Lampung tetapi juga Negara Kesatuan Republik Indonesia, oleh karenanya Pak Gubernur kita tahu bahwa di sepanjang Bendungan Way Sekampung ini ada 3 bendungan, yang di hulu itu batu tegi, tampungannya kurang lebih 700 juta meter kubik, di hilirnya ada Bendungan Way Sekampung tampungannya hampir 670 juta meter kubik, air kemudian dipakai di bendung Argopuro yang mengairi kurang lebih 55.000 hektar lahan yang kita kenal dengan sekampung sistem,” ucap Kepala BBWS Mesuji-Sekampung Ir.Alexander Leda.

“Kemudian setelah membangun Bendungan ini Pak Gubernur sesuai dengan instruksi Pak Menteri kami harus menghijaukan setiap bantaran Bendungan, setiap bantaran dari infrastruktur sumber daya air yang kami bangun jangan sampai ada bagian yang tersingkap dan kelihatannya coklat dan dengan tema mari Hijaukan Bumi kami ingin menghijaukan kembali area-area tersebut sebagai bentuk daripada kepedulian kepada ketahanan pangan,” lanjutnya

Pada kegiatan tersebut secara simbolis akan ditanam pohon sebanyak kurang lebih 1700 pohon dari hasil sumbangan Dinas Kehutanan Provinsi Lampung 1000 pohon dari BBWS 500 pohon dan dari BRI Metro 200 pohon, Ir.Alexander Leda juga menyatakan bahwa untuk Bendungan Mangga Tiga akan dibangun cluster khusus buah-buahan, yang nantinya akan dikelola oleh masyarakat.

Pada kunjungannya ke Bendungan Marga Tiga, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Bupati Lampung Timur M. Dawam Rahardjo juga menyempatkan untuk mengunjungi rumah warga dan memberikan bantuan berupa sembako secara simbolis. Bantuan sebanyak 300 paket sembako serta bantuan pemenuhan kebutuhan dasar bagi pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (ppks) tersebut rencanannya akan disalurkan secara langsung kepada warga melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Sumber :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini