Painews
Lampung BaratNASIONAL

Sultan Sekala Brak XXIII Sematkan Pin dan Penghargaan kepada Ipda. Furqon dan Ipda. Farhan

(Painews.id) LAMPUNG BARAT — Masyarakat Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung, Unsur Pemerintah Daerah (Pemda) dan Forkompimda Lampung Barat (Lambar) menyambut kedatangan Komjen Pol Drs.Tomsi Thohir Balaw, M.Si dan Rombongan pada Sabtu – Minggu (1 – 2/10/2022).

Dalam acara Mulang Pekon (pulang kampung) dan ngattakko Tikham ni hati (Mengobati Kerinduan Hati) Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri itu juga ada penyerahan Pin dan Tanda Penghargaan dari Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan XXIII SPDB Drs. H. Pangeran Edward Syah Pernong, SH, MH, gelar Sultan Pangeran Raja Selalau Pemuka Agung Dengian Paksi diantaranya kepada Ipda. Furqon Saibatin Singajuru, STr.K, Ipda. Farhan Syah Singajuru, STr.K yang merupakan Putra dari H. R. Erwin Moeslimin Singajuru, SH, MH gelar Dalom Singajuru Raja Penggalang Paksi dari Buay Pematang Ribu Marga Ranau. Penyematan pin dan pemberian penghargaan bertempat di Ruang Margasana Istana Gedung Dalom Kepaksian Pernong Sekala Brak, Minggu (2/10).

Sebagaimana diketahui selain memiliki hubungan kekerabatan antara Kepaksian Pernong Sekala Brak dengan Buay Pematang Ribu Marga Ranau. Juga antara Erwin Moeslimin Singajuru dengan Edward Syah Pernong dan Tomsi Tohir terjalin hubungan kekerabatan yang dekat, Mereka bertiga adalah kakak beradik sepupuan. 

“Nenek Saya dengan Nenek Pun Edward Pernong adalah kakak beradik yang berasal dari Kenali Kepaksian Belunguh, Jadi kami sepupu dua kali dari nenek. Kemudian Saya dengan Istri Pun Edward adalah Sepupu Kandung. Ibunya adalah adek Akan (Ayah) Saya.”, Terang Erwin Moeslimim Singajuru.

“Dalam kerajaan adat Kepaksian Pernong Paksi Pak Sekala Brak Lampung, pemberian Pin, Penghargaan serta adok bukan hanya seremonial belaka. Tiap yang diberikan memiliki tanggungjawab yang melekat. Diharapkan dengan pemberian kedudukan dan gelar adat itu IPDA Furqon Saibatin Singajuru S.Tr.K dan IPDA Farhan Syah Singajuru S.Tr.K dapat menjadi polisi yang memahami kearifan lokal, sehingga dalam melakukan tindakan menyertakan pertimbangan budaya”, Ungkap Sholeh UG Budayawan yang juga Penulis.

Helat adat syukuran ini digelar masyarakat adat Kepaksian Pernong atas Kenaikan Pangkat Atin Tomsi menjadi Komisaris Jenderal Polisi dan ditempatkannya sebagai Inspektur Jenderal di Kemendagri.

Turut hadir Dr. Ari Yusuf Amir, SH, MH (Senior Advocate), Dr. H. R. Erwin Moeslimin Singajuru, SH, MH bersama Kedua Putranya yakni Ipda. Furqon Saibatin Singajuru, STr.K, Ipda. Farhan Syah Singajuru, STr.K, Kolonel Laut Thamrin Fierly bersama Putra nya dan Ipda. Algy Ferlyando Seiranausa, S.Tr.K, dari Buay Pematang Ribu Marga Ranau, Hamid Basyaif, Yanto Tasik, Oking Ganda Miharja, Pejabat Forkompimda Lampung Barat (Ketua DPRD, Kapolres Lambar), Wakil Bupati Lampung Barat, Drs. Mad Hasnurin, Sekda Lampung Barat Drs. Nukman, MM, Kadis Porapar Burlianto Eka Putra, SH, Para Raja Jukkuan Paksi, Para Panglima, Bahatur dan Tamu VVIP lainnya.

Usai acara penyambutan serta ziarah Kubur, dan pada malam harinya dilanjjutkan dengan makan bersama serta menyaksikan seni tradisi Khas Sekala Bekhak yang turut dihadiri oleh Tokoh Lambar yang juga Anggota DPR RI Dapil Lampung I Drs. H. Mukhlis Basri dan Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus dan unsur forkompimda serta dihadiri oleh segenap masyarakat adat Kepaksian Pernong Sekala Brak. (*)

Related posts

Erick Thohir Ke KPK, Firli : Koordinasi Dan Antisipasi Penyimpangan Program Pemulihan Ekonomi

Tobi

Kepala Sekolah SMA 1 Belalau Disenyalir Melanggar UU RI Nomor 24 Tahun 2009

Tobi

Herman Batin Mangku Bersyukur JMSI Masuk Konstituen Dewan Pers

Tobi
Share via