Painews
Hukum Kriminal NASIONAL Way Kanan

Sempat  Terhenti,  Kasus Dugaan Penyerobatan Tanah  Dan Pencurian Buah Sawit,  Penyidik Polres Way Kanan Cek Lokasi

(Painews.id) Way Kanan —- Proses  penegakan hukum di Polres Way Kanan, nampak harus di berikan pengawasan secara khusus oleh pihak Polda Lampung, sampai dengan ditingkat Mabes Polri.

Berkaca dari Laporan polisi  laporan polisi yang dilaporkan Agus nomor : TBL/B-334/VII/2015/LPG RES WK tertanggal  25 Juli 2015,  Dan Laporan oleh Ibrahim Nomor : STTLP/B-629/XI/2020/POLDA LAMPUNG/SPKT RES WAY KANAN. Serta Laporan Syamsudin bin Jaguk nomor : LP/B-38/I/2021/ POLDA LPG/RES WK/SPKT tanggal 19 Januari 2021. Bahwa Oknum PNS Bahuga Bambang  Alida Irawan selaku penerima kuasa Achmad Ganta  sebagai terlapor. 

Akan tetapi laporan tersebut  yang sudah bertahun tahun hanya berputar putar, di proses penyelidikan.

Aneh tapi nyata inilah wajah proses hukum di wilayah hukum  polres  Way Kanan,  para pelapor merasa proses hukumnya  digantungkan belum mendapatkan kepastian hukum sampai sekarang.

Penasehat Hukum para pelapor  Yusroni S.H, M.H selasa, 11/01 mengatakan  klien kami  beli tanah tahun 2004,   berawal kepemilikan plasma koperasi unit desa sumber pangan, saat dikelolah koperasi, pemilik tanah masih mengusai bedasarkan aturan plasma KUD  sumber pangan,  namun setelah  KUD sumber pangan tidak mengelolah lagi, sejak itu hak klien kami tidak diberikan.

Perkebunan sawit plasma berada di kampung Bumi Agung , Kecamatan Bahuga Kabupaten Way Kanan  tersebut,  pengusaan tanah dan tanam tumbuh berupa kebun sawit, diambil alih atau di duga diserobot oleh Bambang Alida Irawan selaku penerima kuasa Achmad Ganta.

Yusron juga menjelaskan tanah perkebunan sawit dikuasai sejak tahun 2015,  bedasarkan informasi yang dimiliki  oleh klien kami,   Bambang Alida Irawan mengusai tanah tersebut bedasarkan surat kuasa dari Drs. Achmad Gantha.

Karena memiliki  hak terhadap tanah tersebut lantas klien kami buat laporan polisi dengan sangkaan terhadap terlapor Bambang Alida Irawan dengan dugaan tindak pidana penyerobatan dan pencurian buah sawit, dari tahun 2015  namun karena proses hukumnya tidak berjalan, klien kami kembali di minta buat laporan polisi ulang pada tahun 2020. 

Pada hari selasa 11 januari 2022, pihak penyidik polres Way Kanan sudah melakukan cek lokasi ke perkebunan sawit, dan kami penasehat hukum turut mendampingi dan setelah sama sama cek di lokasi bedasarkan  peta,  lokasi perkebunan sawit  sudah bersesuaian dengan fakta dilokasi perkebunan baik dengan para pihak pihak pemilik batas tanah perkebunan, ungkap Yusroni.

Untuk di ketahui cek lokasi perkebunan yang merupakan rangkaian penyelidikan turut dihadiri dari Kapolsek Bahuga,  perwakilan  Danramil Kecamatan Bahuga, tokoh masyarakat  dan dari penyidik serta  anggota propam polres  Way Kanan. (Red 1)

Related posts

Bupati OKU Timur Pimpin Apel Kesiap Siagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Bencana

editor1

Masalahnya Ini, Empat Orang Beda Kabupaten Ditangkap Tekab 308 Polres Tuba

Bang Dheny

Kecelakaan Beruntun di Lampung Utara, Seorang PNS di Mesuji Tewas

painewsadmin
Share via