Painews
Agam Provinsi Sumbar

Sekda Agam Mengingatkan ASN Harus Netral Jangan Mengajak Orang untuk Memihak dalam Pilkada

(Painews.id) Agam —Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, Martias Wanto menyebutkan, netralitas bagi ASN sangat menentukan terhadap kelancaran pelaksanaan pemilu natiknya, termasuk pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.

Kabupaten Agam adalah salah satu dari beberapa daerah di Sumatera Barat, yang akan mengikuti pesta demokrasi ini.

Dengan intinya netralitas ini tidak mengajak orang untuk memihak, kalau sudah berada dalam bilik suara itu pasti memihak, tetapi hanya untuk diri sendiri,” ujar Martias Wanto saat jadi narasumber dalam sosialisasi netralitas ASN yang digelar Bawaslu Agam, Kamis (27/8/2020).

Ia mengingatkan, salah satu azas atau manajemen ASN adalah netralitas yang terbebas dari pengaruh partai dan kandidat. Tugas ASN memfasilitasi pelaksanaan pemilu, secara teknis sudah diserahkan kepada KPU dan pengawasan ke Bawaslu.

“Tapi dalam mempertahankan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif tetap menjadi tugas pemerintah, maka diharapkan ASN terbebas dari persoalan memihak dan keberpihakan karena sanksinya berat,” sebutnya.

Diakuinya, pilkada tahun ini dua ASN Agam ditegur oleh KASN karena ketidak netralan, dan satu ASN saat pemilihan legislatif 2019 lalu, sehingga ASN dimintanya hati-hati dalam bersikap menghadapi pilkada.

“Kita tidak ingin ASN Agam melanggar kenetralan dalam pelaksanaan pilkada nanti,” pintanya.

Untuk itu, ia menyambut baik sosialisasi netralitas ASN yang digelar Bawaslu Agam, karena ini suatu kewajiban untuk mengingatkan agar tidak terjadi pelanggaran. Sebab ASN tidak hanya bertugas dan berdomisili di pusat pemerintahan saja, tetapi sampai ke nagari yang jauh dari jangkauan pemantauan.

Ia minta OPD, camat dan kepada sekolah agar meneruskan informasi ini kepada jajarannya, sehingga tidak salah langkah dan tidak ada persoalan dengan kenetralan ini.hms.
(Bj.Rahmat )

Related posts

Bidang PSDA PUTR Agam Lakukan Evaluasi Pekerjaan DI Cacang Tinggi

Tobi

Lakukan Vaksinasi Covid-19 Saat Puasa, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Dinkes Agam Tri Pipo: Aman

Tobi

Operasi Yustisi Polres Agam, Pelanggar Prokes Covid-19 Diberikan Sanksi

Tobi
Share via