PWI Jateng Award 2020 Kembali Berikan 11 Tokoh di Jateng

49

(Painews.id) Semarang – PWI Jateng kembali memberikan penghargaan kepada 11 tokoh di Jateng atas kiprah, dedikasi dan sumbangsih mereka kepada bangsa dan negara, termasuk Provinsi Jawa Tengah.

Dari 11 tokoh itu, termasuk Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat, Ketua Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham Prof Benny Riyanto dan Anggota DPR RI dari Partai Golkar Firman Soebagyo SE MH meraih penghargaan PWI Jateng Award 2020.

Ketiganya menjadi bagian dari 11 tokoh Jateng yang dianugerahi penghargaan, yang diberikan dalam Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 Tingkat Jateng dan HUT ke-74 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), di Arcadia Ballroom Aston Inn Jl Pandanaran No 40 Semarang, Sabtu malam (26/9).

Acara berlangsung terbatas hanya dihadiri 50 tamu undangan dengan protokol kesehatan yang ketat. Para tamu diperiksa suhu tubuh dengan thermogun dan wajib memakai masker serta handsanitizer.

Penghargaan diberikan atas kiprah, dedikasi dan sumbangsih para tokoh kepada bangsa dan negara, termasuk Provinsi Jawa Tengah, melalui tugas, pengabdian, dan profesi masing-masing.

Penghargaan bidang inovasi pemerintahan daerah dan pelayanan publik di daerah diberikan kepada para pemimpin muda, yang berhasil melakukan inovasi dan terobosan dalam pelayanan publik dan perubahan birokrasi terdiri H Wihaji S Ag MPd (Bupati Batang), H Saiful Arifin SE (Wakil Bupati Pati), H Bayu Andriyanto SE (Wakil Bupati Rembang).

Irwan Hidayat mendapat penghargaan atas inovasi mengangkat harkat jamu tradisional menjadi favorit publik dan merambah dunia internasional, serta kepedulian sosial yang intens bagi kaum marjinal, khususnya anak-anak penderita kanker.

Sedangkan pakar hukum dari Universitas Diponegoro Prof Dr Benny Riyanto SH yang menjabat Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) meraih penghargaan bidang hukum, sementera H Firman Soebagyo SE MH meraih penghargaan bidang legislasi dan perjuangan nasib petani. Politisi asal Pati itu, menjadi salah satu tokoh sentral dalam pembuatan dan inisiasi legislasi di Senayan.

Ketua DPRD Jateng H Bambang Kusriyanto BSc yang akrab dipanggil Bambang Krebo (BK) emndapat penghargaan untuk kategori inovasi parlemen modern dan implementasi gagasan TV digital, yakni Berlia TV.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Semarang Ir Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu yang akrab disapa Mbak Ita, mendapat penghargaan atas dedikasinya sebagai tokoh perempuan yang melakukan inovasi dalam birokrasi pemerintahan di Kota Semarang.

Untuk kategori inovasi dalam bidang kamtibmas, penghargaan diberikan kepada AKBP Dr Rudy Cahya Kurniawan,M Si MH MKn (Kapolres Kebumen) berkat inovasi dalam penggunaan hipnoterapi kepada para pelaku kriminal.

Di bidang pendidikan, penghargaan diberikan untuk Prof Dr H Gunarto SH SE Akt M Hum (Dekan FH Unissula), yang berperan aktif mengagas pendidikan jurnalistik untuk mahasiswa hukum di kampusnya.

Sedangkan untuk bidang sport tourism, penghargaan diberikan pada Liem Chie An (Penggagas Borobudur Marathon), yang konsisten menggelar event olahraga berkelas internasional, sehingga menjadi event yang mampu mendukung pariwisata di Tanah Air, khususnya Jawa Tengah.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud mengatakan sebagai organisasi profesi kewartawanan yang mengamati, mencatat dan memberi penilaian terhadap kinerja perseorangan maupun lembaga, PWI Provinsi Jawa Tengah merasa perlu untuk mewujudkan pengakuan itu, sebagai apresiasi terhadap ketokohan, kreasi, keteladanan, dan kepemimpinan yang dirasakan oleh masyarakat dalam lingkup tertentu.

“Tujuan mengapresiasi itu adalah ikhtiar untuk menumbuhkan inspirasi atau keteladanan, agar apa yang dicapai oleh para tokoh dapat menciptakan atmosfer kepengikutan. Contoh-contoh pikiran, ide, dan perilaku dari sebuah keteladanan diharapkan mampu untuk mengembangkan dan membangun hal-hal baik yang bermanfaat bagi masyarakat. ( Tgh / Widi )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini