Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat, S.T., “Tumbuhkan Minat Baca, Buat Perpustakaan Senyaman Mungkin

87

PAINEWS.ID JAWA TENGAH – DIY | Pemalang – Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, S.T. menghadiri dan membuka secara resmi acara Bimbingan Teknis pengelolaan perpustakaan sekolah dan desa/kelurahan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang. Acara berlangsung di salah satu hotel di Pemalang, selasa (01/11/2022).Menurut Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pemalang, Mung Suprihatin dalam laporannya, diperlukannya peningkatan penyelenggaraan perpustakaan di seluruh lapisan masyarakat khususnya perpustakaan sekolah dan desa/kelurahan.

“Kegiatan ini guna meningkatkan penyelenggaraaan perpustakaan sekolah dan desa/kelurahan dan juga menumbuhkan kegemaran membaca bagi peserta didik dan masyarakat dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengelola dalam menyelenggarakan perpustakaan dan meningkatkan pelayanan perpustakaan” sambung Mung.

Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat dalam sambutannya menyambut baik langkah insiatif yang dilakukan panitia dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

Mansur menilai langkah ini sebagai upaya nyata dalam membangun sistem pembelajaran masyarakat, khususnya siswa dan juga sebagai langkah konkrit dalam upaya mendukung tumbuhnya indeks pembangunan manusia di Kabupaten Pemalang.

“Memang kita menyadari budaya membaca di Indonesia ini khususnya di Pemalang itu masih sangat rendah. Sehingga inilah PR kita bersama bagaimana masyarakat bisa lebih mencintai perpustakaan, sehingga mungkin kedepan ibu kepala dinas gitu ya, bagaimana kita bisa membuat perpustakaan itu senyaman mungkin” ucap Mansur.

Selain itu menurut Mansur, di tengah gempuran teknologi yang semakin marak, sangat dikhawatirkan anak-anak terpengaruh dengan bacaan-bacaan yang tidak sesuai dengan usianya.

“Ini PR kita bersama, kita sebagai orang tua, saudara, teman itu harus bisa membentengi anak kita terkait dengan budaya-budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya Bangsa Indonesia melalui Hp, kita lebih bagaimana mereka bisa kita tingkatkan untuk lebih membaca” Ucapnya

Diakhir acara Mansur menyampaikan besar harapannya kepada peserta dan juga penyelenggara supaya kegiatan bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan sekolah dan desa/kelurahan dapat diterapkan di lingkungan masing-masing.

“Ini kegiatan yang luar biasa mudah-mudahan dengan begini tidak hanya seremonial bimtek saja, tapi bisa juga diimplementasikan” tutup Mansur.

Kegiatan bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan sekolah dan desa/kelurahan rencananya akan dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 1 hingga 2 November 2022 diikuti oleh 40 peserta dari pengelola perpustakaan sekolah dan desa/kelurahan. Red – ( Mas All )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini