Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat, S.T., Berharap Asosiasi SPAMS Mampu Percepat Akses Air Minum Perdesaan Sampai Pada Tingkat Dusun

33

Painews.id Jawa Tengah | Pemalang – Berdasarkan capaian Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), dari Tahun 2008-2021 pemenuhan akan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Pemalang tercapai sebesar 90,38% dengan rincian SPAM Perkotaan sebesar 24% dan SPAM Pedesaan sebesar 66,38%. Berdasarkan informasi tersebut, SPAM Pedesaan mempunyai peranan yang penting terhadap pencapaian akses air minum di masyarakat, karena itu perlu dijaga keberlanjutannya. Dan salah satu aspek yang menentukan keberlanjutan program tersebut adalah optimalnya kinerja Asosiasi Pengelola SPAMS Pedesaan dengan tugasnya yaitu mengelola operasional dan pemeliharaan sistem air minum yang sudah dibangun.

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Pj. Sekda M Sidik di pendopo Kabupaten Pemalang, Kamis, 29/9/2022 menyampaikan, menyampaikan pesan kepada pengurus dan anggota SPAMS Pedesaan Banyu Lestari Kabupaten Pemalang, agar mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik efektif dan efisien.

Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat, S.T., juga meminta Asosiasi SPAMS mampu mempercepat akses air minum pedesaan dan meningkatkan jangkauan pelayanan air minum sampai pada tingkat dusun. Ia mengatakan, pemerintah mendukung setiap langkah dan upaya positif yang dilakukan asosiasi pengelola SPAMS Pedesaan Banyu Lestari khususnya dalam mengembangkan serta pengelolaan air minum dan sanitasi di kawasan perdesaan. Karena menurut Mansur, hal itu merupakan langkah yang tepat mengingat masih minimnya pengelola SPAMS yang baik di kawasan pedesaan.

Mansur berharap kebersamaan ini menjadi permukaan yang baik khususnya dalam merajut kerja sama serta sinergitas dalam upaya pengembangan kualitas pengelolaan SPAMS di Kabupaten Pemalang.

Terkait acara pengukuhan, selain menyampaikan ucapan selamat Mansur juga berharap, mereka dapat menjalankan amanah serta tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab, dilandasi sikap tulus dan ikhlas membantu warga masyarakat Kabupaten Pemalang yang membutuhkan. Red ( Mas All )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini