Pj  Gubernur Agus Fatoni Hadiri Silaturahmi Kebangsaan Bersama Wakapolri

45

(Painews.id) Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menghadiri silaturahmi Kebangsaan bersama Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Drs. Agus Andrianto di Ballroom Hotel Arista Palembang, Rabu (8/11/2023).

Pada kesempatan itu, Fatoni menyambut kedatangan Wakapolri bersama jajarannya di Bumi Sriwijaya. Dia juga menggungkapkan kearifan lokal, sinergitas dan soliditas Pemprov, Forkopimda, TNI/Polri dan masyarakat terjalin begitu harmonis.

Selain itu, Fatoni menggambarkan terkait topografi Provinsi Sumsel yang terdiri dari 17 Kabupaten/kota dengan Luas Wilayah Provinsi Sumatera Selatan yaitu 86.771,70 Km2. Sedangkan  Jumlah Penduduk Provinsi Sumatera Selatan Berdasarkan Data Agregat Semester I Per 30 Juni 2023 sebesar 8.813.243 Jiwa yang tersebar di 17 Kab/Kota, 241 Kecamatan, 403 Kelurahan dan 2.855 Desa.

“Provinsi Sumatera Selatan berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung dan Lampung,” paparnya.

Meskipun Sumsel memiliki wilayah yang luas dan dihuni berbagai suku dan etnis, namun Provinsi Sumsel tetap rukun, damai dan tidak terjadi konflik.

“Sumsel rumah kita yang harus kita jaga bersama, disini banyak etnis, suku dan budaya namun tetap damai, karena semua saling mengingatkan, mensuport dan menguatkan,” imbuhnya.

Terjaganya kondusifitas wilayah, lanjut Fatoni tidak lain karena terjadinya sinergitas dan kekompakan Pemerintah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh agama dan tokoh masyarakat yang dengan  juga kompak memecahkan berbagai masalah yang terjadi di Sumsel.

Sedangkan yang menjadi fokus Pemprov Sumsel  yang harus segera dituntaskan lanjut dia ada 5 program prioritas  meliputi penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Menyukseskan Pemilu dan Pemilukada, Penanganan Inflasi, Penurunan Stunting dan kemiskinan Ekstrem. Karena itu kunjungan Wakapolri dinilai akan  menjadi spirit  tersendiri bagi Pemprov Sumsel dan jajaran.

“Alhamdulillah Sumsel tetap kondusif , bahkan kami siap  menyongsong Pemilu dan Pemilukada 2024,” ujarnya.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto menilai solidaritas dan sinergitas antara Pemerintah Provinsi Sumsel, Forkopimda, TNI/Polri serta komunitas dan paguyuban lainnya begitu luar biasa.

“Tetap jaga sinergitas ini dalam membangun Sumsel sehingga dapat menjadikan masyarakat yang sejahtera dan damai,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini