Painews
Kota Metro

Petugas PPDP Melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Dengan Cara MEN-COKLIT

(Painews.id) Kota Metro — Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam melakukan proses pemutakhiran data pemilih dengan cara MEN-COKLIT berkeliling mendatangi satu persatu pemilih dari rumah ke rumah (door to door).

PPDP Keliling dari rumah ke rumah ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi yang valid dan akurat terkait database pemilih berbasis pada data resmi administrasi kependudukan yaitu KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Karena PPDP harus benar-benar mengecek elemen-elemen data yang terdapat dalam formulir model A. KWK. Diantara elemen data tersebut yaitu No. NKK – NIK – Nama – Tempat Lahir – Tanggal Lahir – Status Perkawinan – Jenis Kelamin – Alamat – Disabilitas – Status Perekaman KTP el – Keterangan.

PPDP sebelum keliling dari rumah ke rumah, PPDP membuat rencana persiapan coklit (tahapan persiapan) yang akan dilakukan, mencermati data pemilih dalam form model A. KWK yang diturunkan oleh KPU Kabupaten/Kota, berkoordinasi awal dengan RT/RW serta memeriksa perlengkapan PPDP berupa alat tulis dan perlengkapan protokol kesehatan Covid-19.

Waktu pelaksanaan COKLIT yang dilakukan oleh PPDP yaitu 30 hari yang dimulai tanggal 15 Juli – 13 Agustus 2020. Setelah menyelesaikan tahapan persiapan, maka PPDP akan turun keliling dari rumah ke rumah untuk melakukan coklit terhadap data pemilih. Dalam melaksanakan coklit ini, PPDP dibekali terlebih dahulu dengan Bimtek oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan masing-masing PPDP diberikan Panduan Teknis PPDP. Setiap PPDP akan mencoklit pemilih maksimal 500 orang/TPS.

PPDP dalam bekerja dibekali dengan perlengkapan alat pelindung diri seperti face shiel, masker, hand sanitezer, dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti menjaga jarak, memakai alat tulis tersendiri, dan lainnya.

PPDP adalah pintu harapan bagi kualitas pemilihan 2020 yang diawali dengan kualitas data pemilih yang merupakan hasil produk PPDP yang bekerja keliling dari rumah ke rumah untuk menemui pemilih. Mari kita beri dukungan kepada PPDP agar bisa bekerja maksimal, terjaga kesehatan dan keselamatannya di tengah pandemi Covid-19.pungkas agus rianto. (F)

Related posts

Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Basuki, Mengajak Seluruh Elemen Masyarakat dan Pemerintah Menerapkan Protokol Kesehatan

Tobi

Dinas PUTR Kota Metro Kurang Transpran Terkait Anggaran Rutin Pemeliharaan Jalan

Tobi

Pokdar Bergerak Distribusikan Bantuan ke Warga di Metro

Tobi
Share via