Peringatan Hari Parmuka Dimasa Covid 19, Pelaksanaannya Berbeda Dengan Tahun Sebelumnya

58

(Painews.id) Agam  —Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 59 tingkat Kwartir Ranting 06 Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam Provinsi Sumabar,

Untuk tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun2 sebelumnya. Hal ini sebagai bentuk upaya pencegahan Covid-19, dimana upacara digelar secara virtual dari Gedung Guru Kecamatan IV Koto, dengan Pembina Upacara Camat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting, Eko Espito, Rabu (19/8/2020) di Kototuo.

Camat IV Koto Eko Espito, memberikan apresiasi kepada Pengurus Kwartir Ranting 06 IV Koto yang telah mempersiapkan segala sesuatunya sehingga upacara virtual ini dapat terselenggara. Kwartir Ranting 06 Kecamatan IV Koto merupakan satu-satunya Kwartir Ranting yang menyelenggarakan upacara peringatan hari pramuka yang ke 59 di Kabupaten Agam.

Peringatan Hari Pramuka ke 59 tahun ini mengangkat tema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara.”

Camat IV Koto Ekko Espito, selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting, saat membacakan sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional mengatakan, tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia, bahkan di seluruh dunia juga mengalaminya.

Meskipun gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan non formal, kata Ekko, namun Pramuka tetap aktif untuk melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial dan pembangunan masyarakat.

Anggota Pramuka, menurutnya, betul-betul melaksanakan kehormatan gerakan Pramuka untuk dapat menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat melalui kegiatan bakti sosial.

Kegiatan yang dilaksanakan Pramuka selama ini merupakan bagian dari pendidikan karakter untuk menumbuhkan kaum muda yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa.

Untuk itu kita berharap, Pramuka tetap menjadi generasi penerus bangsa dalam upaya bela bangsa dan negara, kata Eko Espito.

Ketua Kwaran 6 kecamatan IV Koto, Astati dalam antaran kata upacara peringatan Harpram ke 59, menyebutkan bahwa peringatan Hari Pramuka tahun ini tidak tepat dengan hari Pramuka yang jatuh tanggal 14 Agustus 2020, hal ini kita laksanakan menyesuaikan dengan jadwal Kamabiran dan Koordinator Unit Kerja Pendidikan dan kondisi daerah.

Peringatan Hari Pramuka tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya digelar di lapangan terbuka dengan berbagai kegiatan dan perlombaan namun tahun ini diselenggarakan secara virtual digelarnya acara ini secara virtual bukan tanpa alasan.

Upacara virtual peringatan Hari Pramuka ke 59 Tahun 2020 tingkat Kwartir Ranting 06 IV Koto, diikuti oleh seluruh gugus depan yang ada di Kecamatan IV Koto melalui apllikasi zoom meeting di sekolah masing-masing, yaitu sebanyak 31 Gugus Depan, termasuk Korps pelatih Kwarcab Agam secara vistual melalui meeting zoom, kata Astati.

Turut hadir langsung dan secara virtual dalam upacara Harpram ke 59 adalah Camat IV Koto Ekko Espito, S.STP, MM selaku Kamabiran sekaligus pembina upacara, Koordinator Unit Kerja Pendidikan Suryadi, S.Pd, M.M.Pd, Ketua kwaran IV Koto, Astati, S.Pd.

Selain dari jajaran Kwaran, upacara virtual juga diikuti oleh 23 Gugus Depan yang berpangkalan di SD, 4 Gugus Depan yang berpangkalan di SLTP dan 4 Gugus Depan yang berpangkalan di SLTA dengan jumlah! peserta dibatasi maksimal 8 orang.

Alhamdulillah pelaksanaan upacara Harpram ke 59 di Kwaran IV Koto berlangsung dengan baik lancar dan sukses, kata Suryadi.
( Bj.Rahmat )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini