Painews
Agam Provinsi Sumbar

Pemkab Agam Lakukan Gerakan Serentak Semai Tanam, Upaya Pemulihan Ketahanan Pangan dan Ekonomi

(Painews.id) Agam — Pemulihan Ketahanan Pangan dan Ekonomi Pemkab Agam Lakukan Gerakan Serentak Semai Tanam dan Panen.

Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Pertanian, melakukan gerakan Serentak Semai Tanam dan Panen (Gertak SETAPA).

“Hal ini sebagai upaya guna memastikan produksi pangan, khususnya padi agar tetap mencukupi saat new normal dan sebagai pemulihan ketahanan pangan dan ekonomi dari dampak covid 19.” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Arief Restu saat dimintai keterangan, Selasa (16/6) di Lubuk Basung.

Menurutnya, salah satu bentuk nyata yang dilakukan pihaknya baru-baru ini adalah, dengan melakukan tanam padi varietas padi PB-42 di areal sawah seluas 3 hektar di Kelompok Tani Mutiara Indah Nagari Tiku Selatan Kecamatan Tanjung Mutiara.

Ia menjelaskan, bahwa sebelumnya kegiatan Gertak SETAPA juga sudah dilakukan di Kecamatan Baso, tepatnya di lahan Kelompok P3A Sawah Nagari Salo.

Lahan seluas 46 hektar dengan varietas kuruik kusuik itu menghasilkan total panen sebanyak 408,8 ton atau sebanyak 7,3 ton per hektarnya.

“Dengan hasil produksi sebesar ini disamping pendapatan ekonomi bertambah, tentunya ketahanan pangan bisa terjaga. Apalagi saat ini covid-19 masih belum pulih,” ulasnya

Arief juga terus mengingatkan dan mengimbau kepada petani agar selama melakukan aktivitas di sawah agar selalu mentaati aturan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“New normal bukan berarti kita beraktivitas seperti biasa sebelum terjadinya wabah, namun menerapkan kehidupan baru dengan cara tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti, memakai masker, jaga jarak dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” terangnya.(AL GURU).

Related posts

Mobil Dinas Perekonomian Kab. Agam Senggol Yulianani Mengakibatkan Cacat Permanen

Bang Dheny

AWPI Agam Terima Bantuan 350 Batang Bibit Tanaman Dari BKSDA Resort Agam

Tobi

Wabup Agam, Irwan Fikri Buka Pelatihan UMKM

Tobi
Share via