Painews
JAWA TENGAH

Pemerintah Kabupaten Pemalang Menghimbau, Agar Keluarga Bebas Stunting 

(Painews.id) Jawa Tengah Pemalang – Masalah stunting adalah salah satu isu penting dalam dunia kesehatan anak-anak yang masih menjadi perhatian besar, khususnya anak-anak di negara terbelakang dan negara berkembang. Berdasarkan laporan dari Badan Organisasi Kesehatan Dunia, estimasi ada sekitar 149 juta balita yang mengalami stunting di seluruh dunia pada tahun 2020, sementara 45 juta anak lainnya diperkirakan memiliki tubuh terlalu kurus atau berat badan rendah.

Stunting adalah masalah tumbuh kembang anak yang ditandai dengan tinggi badan anak yang rendah, sementara berat badannya mungkin normal sesuai dengan usianya. Anak dikatakan stunting bila tinggi badannya tidak bertambah signifikan sesuai dengan usianya atau bila dibandingkan dengan tinggi badan yang anak itu dapatkan saat baru lahir.

Sementara anak di bawah 5 tahun yang memiliki berat badan rendah atau sangat kurus dari usianya, itu disebut wasting. Anak menderita stunting dan wasting bila anak memiliki tubuh yang pendek/kerdil dan badannya juga sangat kurus, disertai adanya gangguan perkembangan otak dan keterlambatan kemampuan anak.

Gangguan tumbuh kembang anak tersebut biasanya diakibatkan oleh gizi buruk (malnutrisi), infeksi berulang, dan stimulasi atau perawatan psikososial yang tidak memadai pada anak dari 1000 hari pertama sejak pembuahan sampai usia dua tahun.

Masalah stunting atau anak yang kerdil tentu akan berdampak buruk bagi kehidupan anak, termasuk gangguan sistem kekebalan tubuh, gagal tumbuh, masalah fungsi otak dan perkembangan organ, rentan infeksi, gangguan fisik dan mental, serta mengancam produktivitas dan fungsi hidup di masa depan.

Tepat di HARI KELUARGA NASIONAL 2022, Pemerintah kabupaten Pemalang Melalui Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST. Mengajak seluruh lapisan masyarakat di kabupaten Pemalang khususnya, agar terus turut berperan, karena dari keluargalah pondasi awal paling penting dalam pembangunan karakter Bangsa.

Oleh Wakil Bupati Pemalang di katakan, ” Keluarga adalah tempat bermakna dan harta yang paling mewah serta berharga, berjuta makna yang hadir dalam keluarga membuat kita merasa di tempat ‘ terhangat’ itu adalah keluarga “, tutur Mas Mansur ( Sapaan Akrab Wakil Bupati Pemalang ).

” Tepat di belakang kita, dimana menemukan peran dari sumber kebahagiaan yang tak ternilai dan menjadi tempat kita berdamai dengan segala aktivitas di luar rumah dengan segala kasih sayang dan kehangatan di dalamnya “.

” Peran keluarga yang tak tergantikan, menjadi salah satu dasar di peringati ya Hari Keluarga Nasional setiap tanggal 29 Juni. Yang saat ini berfokus pada penurunan STUNTING pada anak, juga dalam rangka optimalisasi.

Fungsi keluarga juga sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, dan keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa ” pungkas Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST.

Gapai Indah Bahagia…

Dengan Istana berjuta makna yaitu keluarga.

Selamat Hari Keluarga Nasional 2022.

– Mas All Painews.id

Related posts

Jelang Hari Raya Idhul Fitri PWR Bagikan Bansos

painewsadmin

Kepala Desa Dukung Ahmad Rifa’i M.H Calon ketua Pasopati

Bang Dheny

Liga Santri Piala Kasad Tahun 2022 Bergulir, Kasdim Pemalang Lepas Kesebelasan Ps. Mutiara FC Ponpes An- Nahdliyah

Share via