Painews
Agam Provinsi Sumbar

“Pasca PSBB “Dinas Pertanian Agam Berupaya Tingkatkan Populasi Ternak

(Painews.id) Agam —Sepertinya Pemerintah Kabupaten Agam lebih serius berupaya bangkit dari keterpurukan pertumbuhan ekonomi, pasca PSBB dari covid-19. Dalam masa new normal ini Dinas Pertanian Kabupaten Agam, terus berupaya meningkatkan populasi sapi dan kerbau, yang difokuskan kepada optimalisasi reproduksi ternak melalui program Sapi Kerbau Komoditas Andalam Negeri (Sikomandan). Dalam sektor petani ternak.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Arief Resti di Lubuk Basung, Selasa (23/6) menyebutkan, dengan menerapkan protokol kesehatan dimasa new normal saa ini, petugas di lapangan tetap bekerja mendampingi dan memberikan pelayanan kepada peternak.

“Hal ini supaya produksi ternaknya bertambah dan tetap sehat, serta mampu menekan angka kematian,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu upaya menggenjot dan meningkatkan populasi sapi lokal adalah melalui optimalisasi program Inseminasi Buatan (IB) atau lebih dikenal dengan kawin suntik.

“Tercatat sampai 1 Juni 2020, kelahiran anak sapi dan kerbau di Kabupaten Agam sebanyak 1.866 ekor. Sedangkan pelaksanaan IB terealisasi 3.871 ekor dengan kebuntingan 1.929 ekor,” terang Arief.

Untuk target IB, katanya tahun ini naik dari tahun sebelumnya. Pada 2019 ditargetkan 7.500 ekor, jumlah ini naik menjadi 8.402 ekor di 2020. Ia optimis target itu dapat terpenuhi bersama jajaran di lapangan.

Dengan demikian, Arief berharap melalui program Sikomandan juga mampu menurunkan pemotongan sapi atau kerbau betina produktif. Karena tingginya angka pemotongan ternak betina produktif, menjadi ancamanan dalam pencapaian swasembada protein hewani. (AL GURU).

Related posts

Sekda Agam Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 03.06 Agam, Dapat Anugrah Penghargaan ” Satya Lencana Melati

Tobi

Plt Camat Baso Canangkan Shalat Shubuh Berjamaah

Tobi

Pemkab Agam Bersyukur, Berada Pada Zero Positif

Tobi
Share via