Masyarakat Maninjau Kecamatan Tanjung Raya Goro Bersama

44

(Painews.id) Sumatera Barat — Puluhan warga Jorong Pasar Maninjau menggelar gotong royong (goro) massal di sepanjang aliran sungai Muaro Pisang, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Minggu (5/12).

Goro pembersihan sungai itu diikuti Camat Tanjung Raya Handria Asmi, Walinagari Maninjau Alfian, dan warga sekitar. Mereka terlihat bahu membahu membersihkan aliran sungai dari sampah dan semak belukar.

Camat Tanjung Raya, Handria Asmi mengatakan, goro tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi penyumbatan aliran sungai pada musim hujan yang beresiko terjadinya bencana banjir.

“Kami bersama warga bergotong royong membersihkan aliran sungai Muaro Pisang untuk mengantisipasi banjir pada musim hujan. Alhamdulillah, warga juga sangat antusias mengikuti Goro sehingga diharapkan ini menjadi agenda rutin di nagari,” ujar Handria Asmi.

Sementara itu, Wali Jorong Pasar Maninjau, M Sidi Bagindo menambahkan, aliran sungai Muaro Pisang sudah cukup lama tidak dibersihkan sehingga kondisinya sudah dipenuhi semak belukar.

Ia menyebut, selain sebagai upaya antisipasi banjir, Goro tersebut dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, asri, dan sehat.

Selain itu, pihaknya menghimbau masyarakat untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari masalah pencemaran.

“Kita berharap agar masyarakat dapat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaga kelestariannya,” katanya.
(Bj.Rahmat)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini