Mahasiswa UTB Lampung Kritik Kelangkaan Solar

93

(Painews.id) Bandar Lampung — Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik UTB Lampung Alfan Rois, meminta pemerintah untuk mewaspadai kelangkaan solar karena bisa memicu kenaikan harga kebutuhan pokok di masyarakat akibat proses distribusi barang yang terganggu.

“Terhambatnya distribusi tersebut berpotensi makin menyulut kenaikan harga-harga kebutuhan pokok yang sebelumnya sudah mengalami kenaikan signifikan,” ujarnya.

Ia meminta pemerintah melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) agar mengawasi Pertamina untuk memasok solar sesuai kuota yang ditetapkan. Sedangkan Pertamina harus menjamin pasokan solar agar tidak terjadi kelangkaan.

“Untuk itu, Pertamina harus mempunyai kecukupan safety stock yang dibutuhkan untuk menambah pasokan saat terjadi peningkatan permintaan,” kata Alfan.

Pertamina atau BPH Migas harus benar-benar segera turun tangan mengatasi masalah kelangkaan solar dan bertanggung jawab memenuhi pasakon dan ketersediaan solar di semua SPBU di seluruh Lampung.

Sejatinya, pihak Pertamina telah menyanggupi penambahan kuota solar untuk semua SPBU di Lampung, namun kelangkaan solar belum teratasi dengan maksimal.

“Jangan sampai persolan solar ini menimbulkan keresahan dan kegaduhan karena bahan bakar jenis solar sudah menjadi kebutuhan dasar di akar rumput dan masyarakat banyak,”tutupnya (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini