LKP Family Salon Lampura Melaksanakan Uji Kompentsnsi PKK, Tata Rias Pengantin Lampung Pepadun

84

(Painews.id) Lampung Utara — Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Family Salon pimpinan Haris melaksanakan Uji Kompetensi Program Kecakapan Kerja (PKK) Tata Rias Pengantin Lampung Pepadun. LKP Family Salon bersama Tempat Uji Kompetensi (TUK) Intan Ayu, Bandar Lampung pimpinan Yayuk Rahayu menggelar ujian kompetensi tersebut setelah para peserta melaksanakan pelatihan selama 3 (tiga) bulan. Uji Kompetensi PKK tersebut diikuti oleh 20 peserta dari berbagai wilayah di Lampung Utara dan dilaksanakan di SD Negeri 1 Kotabumi Udik. Minggu (5/12/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Yeni Sulistina, M.Si. MM; Penguji dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Nasional, Hj. Tri Suyatni, S.PD dan Nur Aida, MM; Ketua TUK Intan Ayu, Yayuk Rahayu; Ketua LPK Family Salon, Haris beserta staf dan pengajar; peserta ujian dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Yeni Sulistina dalam sambutannya mengatakan pada para peserta untuk mengikuti rangkaian ujian dengan seksama sehingga nantinya dapat dinyatakan berkompeten.

“Selamat datang para asesor selaku tim penguji dan selamat berjuang untuk para peserta, semoga seluruhnya dapat dinyatakan kompeten setelah menjalani pelatihan selama 3 bulan ini,” Katanya.

Yayuk Rahayu selaku pimpinan TUK Intan Ayu menjelaskan bahwa uji kompetensi ini merupakan langkah awal untuk menjadi penata rias pengantin profesional.

“Tidak hanya itu, para peserta ini nantinya dapat berpeluang membuka Lembaga Kursus dan Pelatihan sehingga ilmunya bisa bermanfaat bagi masyarakat,” Paparnya.

Ditambahkan oleh Hj. Tri Suyatni, S.Pd selaku tim penguji LSK Nasional menuturkan bahwa program ini merupakan Program Binaan Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang mandiri dan cakap, salah satunya dalam hal tata rias pengantin.

“Peserta dituntut tidak hanya mampu menjadi penata rias, namun mampu membuat Rencana Anggaran Biaya, mulai dari modal, transportasi, akomodasi, honorer asisten dan lain-lainnya,” Tukasnya.

Respon baik pun disampaikan oleh peserta ujian, salah satunya oleh Rara Indri Hanesti yang akan menjadikan ilmu kecakapan selama pelatihan tersebut sebagai penunjang profesinya sebagai penata rias pengantin.

“Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana dan berkesinambungan, sehingga teman-teman lainnya memiliki kesempatan yang sama,” Harap Rara.

Haris selaku pimpinan LKP Family Salon menegaskan bahwa pelatihan ini tidak dipungut biaya atau gratis bagi peserta, oleh sebab itu diimbau bagi masyarakat Lampung Utara yang menginginkan menjadi peserta pelatihan untuk mendaftarkan dirinya langsung ke LKP Family Salon, Kotabumi Udik sebab jika kuota minimal 15 orang peserta saja maka kegiatan dapat langsung terselenggara.

“Kami lebih condong ke tata rias pengantin Pepadun meskipun sedikit lebih sulit bagi peserta, namun harapan kami kedepannya, ilmu yang diterima oleh peserta dapat benar-benar bermanfaat, minimal bagi dirinya sendiri, Pungkas Haris. (Adi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini