Painews
Lampung Utara

Lewat Telecollecting, BPJS Kesehatan Himbau Peserta Rutin Bayar IURAN

(Painews.id) Lampung Utara–Untuk meningkatkan kolektabilitas iuran peserta JKN-KIS di tengah masa pendemi covid-19, BPJS Kesehatan Kotabumi melaksanakan kegiatan telecollecting. Hal tersebut dilakukan guna mengingatkan peserta JKN-KIS untuk membayar iuran tepat waktu dan dilaksanakan melalui sambungan telepon atau Whatsapp.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Desi Aprianti menyampaikan bahwa, kegiatan telecollecting ini merupakan salah satu contoh penerapan physical distancing. Walaupun tanpa tatap muka secara langsung, kegiatan ini tetap efektif meningkatkan kepatuhan peserta JKN untuk membayar iuran tepat waktu sebelum tanggal 10 setiap bulannya agar kartu selalu aktif. Lebih lanjut Desi menjelaskan, kegiatan telecollecting ini juga merupakan upaya penagihan tunggakan iuran kepada Peserta PBPU menunggak dengan umur tunggakan 02 – 23 bulan.

“Selain memberikan pemahaman akan pentingnya prinsip gotong-royong setiap peserta dalam program JKN-KIS, tak lupa kami juga menginformasikan kanal pembayaran yang dapat diakses peserta. Kami juga menekankan kewajiban autodebit agar peserta tidak menunggak karena lupa membayar iuran JKN,” lanjut Desi, Selasa (13/05).

Desi menjelaskan, kegiatan yang dilakukan oleh pihaknya itu guna melaksanakan himbauan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

Dengan adanya himbauan untuk menjaga jarak fisik (physical distancing) dan himbauan untuk selalu berada di rumah, Ia juga menerapkan physical distancing di lingkungan kerja dengan memberlakukan Work From Home (WFH) bagi pegawai dan membatasi kegiatan Pemberian Informasi Langsung (PIL), layanan Mobile Customer Service (MCS) dan kunjungan kader JKN, serta aktivitas diluar kantor lainnya yang berpotensi meningkatkan penyebaran virus corona.

Lebih lanjut, Desi mengatakan hal pertama yang dilakukan pihaknya saat melakukan telecollecting adalah memilih jumlah tunggakakan dan peserta.

Setelah ditemukan, pihaknya langsung menghubungi peserta JKN dan menginformasikan jumlah yang ditunggakan yang harus mereka penuhi.

“Langkah pertama dalam kegiatan telecollecting yaitu mapping data peserta pada aplikasi dengan memilih jumlah bulan tunggakan dan daerah peserta, dan dilanjutkan dengan menelpon peserta satu per satu. Selain ditelpon, jumlah bulan tunggakan beserta jumlah tunggakan iuran dan kanal pembayaran juga dikirim secara rinci kepada peserta melalui pesan Whatsapp,” jelas Desi.

Mira adalah salah satu peserta PBPU yang dihubungi oleh petugas BPJS Kesehatan melalui telecollecting. Kepada petugas ia mengucapkan terima kasih karena telah diingatkan untuk membayar iuran tepat waktu.

“Saya mau daftar autodebet saja dalam waktu dekat karena jujur saya suka lupa bayar iuran sebelum tanggal 10. Terima kasih ya atas remindernya, jika tidak diingatkan hampir saja saya menunggak lama,” ujar Mira.(Anizar)

Related posts

Pemkab Lampura Tindaklanjuti Rekomendasi Dewan Terkait LKPJ 2020

Tobi

Polsek Sungkai Selatan Tangkap pelaku Curas

Tobi

Anggota DPRD Provinsi Lampung Hi. Pattimura, Sosialisasi Perda No. 1 Tahun 2016 Tentang Pedoman Rembug Desa dan Kelurahan

Tobi
Share via