Painews
Kota Metro Politik

KPU Metro Ratusan Dukungan Calon Independen Terindikasi TMS

(Painews.id)Metro–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro mendapati ratusan dukungan calon independen (caden) pasangan balon walikota dan wakil walikota Wahdi-Qomaru (WaRu), yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama, mengatakan ratusan dukungan TSM tersebut merupakan hasil verifikasi faktual panitia pemilihan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang dilakukan selama beberapa hari lalu.

“Verifikasi faktual masih di tingkat kecamatan. Laporan sementara yang kami terima ada ratusan TMS, jika di presentasekan sekitar 7,7 persen dukungan caden yang TMS,” kata Nurris pada painws Selasa (14-7-2020).

Menurut Nurris, hasil verifikasi faktual dukungan caden tersebut akan dilakukan rapat pleno tingkat kecamatan dan kota.

“Tanggal 17 Juli mendatang akan di plenokan di tingkat kecamatan. Kemudian sekitar tanggal 19 atau 20 Juli dilanjutkan rapat pleno tingkat kota. Nah, rapat pleno tingkat kota ini kami akan undang caden, Bawaslu juga,” jelasnya.

Menurut dia, ratusan dukungan TMS hasil verifikasi faktual yang dilakukan diantaranya, pendukung tidak ada di alamat, tidak bersedia mendukung, hingga keterlibatan oknum ASN yang masuk dalam data dukungan caden.

“Ada dukungan 14 ASN yang kami temukan, dam sudah kita coret. Urusan ASN ini mendukung atau tidak, kami serahkan ke Bawaslu, karena itu kewenangan mereka untuk menindaklanjuti,” imbuhnya.

Dijelaskan Kasubag Teknis KPU Kota Metro, Bambang Setiawan dukungan caden pasangan WaRu yang diajukan ke KPU sekitar 12.382. Namun, dari jumlah tersebut terdapat dukungan TMS sekitar 960 suara.

“Hasil verifikasi faktual yang MS sekitar 11.422. Pasangan WaRu mengajukan dukungan sekitar 12.382 suara. Namun TMS nya ada 960, jadi belum memenuhi syarat karena kurang 10 dukungan lagi. Karena minimal persyaratan dukungan caden itu 11.432,” imbuhnya. (Tim)

Related posts

Event Sepanjang Tahun Jadi Target Anna-Fritz Tarik Wisatawan ke Metro

Tobi

Anna-Fritz Mulai Siapkan Berkas Pendaftaran Di KPU

Tobi

Saleh Chandra Siap Berjuang Menangkan Anna-Fritz

Tobi
Share via