KPU Agam Gelar Rapat Pleno Penetapan Paslon Bupati-Wakil Bupati Terpilih

41

(Painews.id) Agam sumbar —-KPU Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, laksanakan gelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih, pada Pilkada 2020, di Hotel Sakura Syariah, Senin (25/1/2021).

Kegiatan ini digelar secara terbatas, dan langsung pengawasan dari pihak kepolisian Polres Agam untuk menginginkan keamanan agar apa yang kita inginkan bersama dan juga hanya dihadiri Sekdakab Agam, Martias Wanto, Forkopimda, Komisioner KPU, Bawaslu, paslon Andri Warman-Irwan Fikri dan parpol.

Pantauan dari media PAInews.id.dalam rapat pleno tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan baik memakai masker, handsanitizer dan lainnya.

Rapat pleno dibuka Ketua KPU Agam, Riko Antoni yang didampingi empat komisioner dan Sekretaris KPU Agam, Adli Mulyadi.

Riko Antoni mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara beberapa waktu lalu. Sesuai PKPU nomor 5 tahun 2020, untuk penetapan paslon terpilih harus mendapatkan surat pemberitahuan resmi dari Mahkamah Konstitusi.

Bahkan, katanya, surat itu telah diterima KPU RI beberapa hari lalu.

“Surat itu dasar kita untuk melaksanakan rapat pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih,” ujarnya.

Dikatakan Riko, hampir setahun proses penyelenggaraan tahapan Pilkada serentak 2020 dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Namun berkat kerjasama semua pihak, pesta demokrasi itu berjalan lancar, aman dan damai.

“Begitu juga dengan rekapitulasi hasil penghitungan suara baik di kabupaten maupun provinsi, semuanya diterima tanpa catatan baik dari paslon maupun bawaslu,” sebut Riko.

Menurutnya, ini merupakan kerjasama semua pihak, tidak hanya penyelenggara, tapi juga pemerintah daerah, TNI, Polri, dan unsur lainnya yang terlibat dalam pesta demokrasi tersebut.

Kemudian Bupati dan Wakil terpilih setelah penetapan oleh KPU Agam, maka yang bersangkutan langsung jumpa pers dengan para media pembahasa rencana Bupati dan wakil Bupati terpilih untuk selanjutnya dan juga langsung tanya jawab antara pihak yang terpilih dengan para wartawan, dan itu kesenangan saya kata pihak terpilih.
(BJ.Rahmat)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini