Ketua IPSI Kab. Pemalang Rapat Kerja Bareng Ketua Dan Pengurus PSHT Cabang Pemalang Bahas Persiapan Widuri Cup dan HUT PSHT Pusat Madiun Ke-100

365

(Painews.id) Jawa Tengah — Sabtu, 22 Januari 2022, Ketua IPSI kabupaten Pemalang Bapak Ir.Muzaki yang juga selaku pengurus PSHT cabang Pemalang Rapat kerja bareng ketua dan jajaran pengurus PSHT cabang pemalang di Markas atau kantor PSHT Pemalang (Ruko cangklik Kaligelang – Pemalang).

Selesai kegiatan atau acara rapat kerja, kami awak media berkesempatan untuk mewawancara hasil rapat tersebut. Beliau lebih dulu mohon ijin dan minta maaf bahwasanya saya ( Ir.Muzaki ) kalo di PSHT itu anak buahnya Bapak Slamet Efendi, SE. M.M selaku ketua PSHT pusat Madiun cabang Pemalang, akan tetapi untuk di IPSI saya itu sebagai ketua IPSI kabupaten Pemalang, seperti yang sudah di sampaikan pak ketua tadi bahwa di bulan Maret depan tanggal 2,3,4,5 dan 6 pada minggu pertama akan ada Widuri Open yang akan di ikuti oleh seluruh perguruan silat, monggo silahkan dari perguruan pencak silat manapun boleh ikut yang akan di gelar di Gedung pasar Randudongkal – Pemalang tepatnya di lantai 3, Katanya.

Kemudian di minggu kedua masih di bulan yang sama ada juga pertandingan SH Terate Cup tingkat Jawa Tengah bagian barat yang di ikuti oleh 17 kabupaten – kota meliputi karsidenan Kedu Pekalongan dan Banyumas di tambah dari Kendal dan Purwokerto, jadi bulan maret 2022 besok ini adalah bulan bulan Pencak silat karena di bulan itu full ada banyak kegiatan pencak silat, tuturnya.

“Alhamdulillah kegiatan nanti kita tidak terkendala ijin, mengingat ini masih masa pandemi, seperti yang di sampaikan ketua cabang PSHT Pusat Madiun Pemalang tadi ( Pak SE ) bahwa kita sudah mendapat ijin dari Satgas Covid-19. Artinya, ya mohon maaf, kita ini PSHT Pusat Madiun adalah organisasi yang taat aturan dan tertib hukum”, imbuhnya.

Lebih lanjut Ir. Muzaki menjelaskan meskipun jumlah kontingenya banyak, namun pesertanya sedikit total hanya ada 145 peserta, karena memang ke 145 peserta yang tersisa sudah melalui screning atau seleksi dari bawah untuk di persiapkan dalam rangka menyambut HUT ke-100 ( 1 Abad ) PSHT pusat Madiun. Untuk puncak acaranya sendiri pada tanggal 2 September 2022, Akan ada kirab Nasional di awali dari Aceh Long Match menuju Madiun, kemudian dari Kalimantan Utara paling utara bahkan dari Serawak juga ikut menuju Madiun. Setiap masing – masing Provinsi dari 34 Provinsi se-Indonesia nanti di minta untuk membawa contoh tanah untuk di bawa ke Madiun kemudian tanah tersebut akan di tanam di padepokan Madiun yang baru, dan di atas tanah tersebut akan di bangun Madiun. Artinya PSHT ingin menunjukan bahwa Madiun itu gabungan Nusantara, papar Ir. Muzaki.

Kemudian lebih lanjut Muzaki juga menjelaskan kepada kami awak media, pada kesempatan ini beliau berbicara sebagai ketua IPSI kabupaten Pemalang. Agar panjenengan lebih mengetahui bahwa SH Tetate ini banyak versi, dan saya sebagai ketua IPSI Pemalang hanya mengikuti keputusan IPSI pusat dan pengurus besar yang di ketuai oleh Bapak Prabowo Subianto beliau yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Kebetulan kemaren pada bulan Desember 2021 tahun lalu baru di gelar Munas di Hotel Aston Sentul Bogor – Jawa Barat. Dan keputusan yang di ambil dalam munas tersebut SH Terate yang di akui adalah SH Terate yang di ketuai oleh Drs. R. Moerdjoko H.W beliau tinggal di Madiun. Jadi kami IPSI Pemalang maupun IPSI di daerah lain harus tegak lurus dengan keputusan IPSI Pusat tegasnya.

Dan juga perlu untuk di ketahui bahwa di kabupaten Pemalang sendiri ada 4 versi SH Terate, di antaranya ada SH Terate pusat Madiun, ada juga Jeje yang di ketui oleh Dr Topik, ada juga 1922 yang di ketuai oleh mas Gembong kalo tidak salah atau mungkin kalau belum ganti ketua kemudian di pemalang sendiri ada lokalnya Wiji. Nah saya sendiri sebagai ketua IPSI kabupaten Pemalang ya harus tunduk mengikuti keputusan IPSI pusat, jelasnya.

Beliau ( Muzaki ) juga menuturkan, dari beberapa versi di tubuh PSHT. Cuma ada satu yang di akui oleh IPSI Pusat, yaitu PSHT pusat Madiun yang ketua umumnya adalah Bapak Drs. R. Moerdjoko H.W kemudian untuk di PSHT pusat Madiun provinsinya di ketua Saudara Sapto, dan untuk di Kabupaten Pemalang sendiri di ketuai oleh Bapak Slamet Efendi, SE. M.M , itu bisa di lihat dan di buktikan dengan surat keputusan ( SK ) yang di miliki atau SK di pegang oleh pak SE selaku ketua PSHT pusat Madiun cabang Pemalang, pungkasnya.  (Alw)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini