Painews
Agam Provinsi Sumbar

“Ketua DPRD Agam Dr.Novi Irwan MM. Dukung Kerjasama Pemkab Agam dengan UM Sumbar

(Painews.id) AGAM —Ketua DPRD Kabupaten Agam Dr. Novi Irwan MM. menyempatkan diri diabadikan bersama Wakil Rektor III UM Sumbar, Mohammad Abdi dan Dekan Fakultas Pariwisata, Rozi Yuliani dan Dosen Pariwisata sekaligus Praktisi, Eddi Novra, di rumah dinas Ketua DPRD Kabupaten Agam di Padang Baru Kubuk Basung.

Kerjasama, antara Pemda Kabupaten Agam  dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) berembus, Ketua DPRD Kabupaten Agam Dr. Novi Irwan, S.Pd, MM mendukung sepenuhnya, dan apresiasi berembusnya angin kerjasama tersebut. Apalagi menyangkut terrhadap pengembangan destinasi wisata dan pendampingan  berkelanjutan terhadap wilayah Kabupaten Agam.

Ungkapkan ini disampaikan ketika Wakil Rektor III UM Sumbar, Mohammad Abdi dan Dekan Fakultas Pariwisata, Rozi Yuliani dan Dosen Pariwisata sekaligus Praktisi, Eddi Novra, di rumah dinas Ketua DPRD Kabupaten Agam, Jumat (23/7/2021) di Padang Baru Lubuk Basung, dalam ramhka silaturahmi.

Silahturahmi tersebut bertujuan menjalin komunikasi dan upaya untuk memperkokoh komunikasi dan koordinasi, antara pemerintah daerah melalui legislatif dengan akademisi.

“Kami menyambut baik Universitas Muhammadiyah Sumbar berkenan melaksanakan pengabdian, sekaligus pendampingan kepada masyarakat. Terutama mensukseskan program pemerintah pusat hingga ke pemerintah Kabupaten Agam. Kami sangat senang dan merasa terbantu”, sebut Ketua Ketua DPRD Kabupaten Agam Novi Irwan.

Pemerintah Kabupaten Agam sudah programkan pengembangan sektor pariwisata sesuai potensi faerah. “Sebab Kabupaten Agam kaya dengan keindahan alam dan budaya. Kita punya semua ; ada pantai, danau, rawa, Nyarai, ngarai, gunung, perbukitan dan lembah dan air terjun”, papar Novi Irwan.

Disisi lain, terang Novi Irwan, kita masih lemah ditinjau dari sisi sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan, pengembangan dan pemanfaatan kekayaan alam yang belum seimbang dengan sumber daya manusianya.

“Karena itu lah dibutuhkan pihak-pihak untuk pendorongan peningkatan SDM ini. Jika hanya diserahkan kepada pemerintah saja, itu mustahil akan tercapai, dengan alasan keterbatasan kita”, ujar Novi Irwan.

Kolaborasi dengan akademisi adalah langkah cerdas, dan kami sangat berterimakasih atas perhatian dan kepedulian UM Sumbar, disamping potensi utama Agam disektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, pariwisata, perindustrian, pendidikan/pesantren tak lepas dari sinergi pemerintah, masyarakat dan peran intelektual kampus dalam pengembangannya, terang Novi Irwan.

Wakil Rektor III, UM Sumbar Mohammad Abdi berterima kasih dan merasa senang atas sambutan ramah Ketua DPRD Agam. Ramahnya sambutan Ketua DPRD Kabupaten Agam itu menambah semangat dan motivasi mendorong untuk mensukseskan program pendampingan dan pemberdayaan masyarakat.

“Pendampingan ini merupakan kelanjutan dari kesuksesan Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka masuk nominasij Situs Sejarah di Anugrah Pesona Indonesia atau API 2021. Tahun 2021 ini kita fokus di Kecamatan Tanjung Raya. (Bj.Rahmat).

Related posts

Bupati Agam “Dr. Indra Catri Apresiasi Kelompok Tani Sarumpun”

Tobi

Satu Orang Warga ke Nagarian Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam Terkonfirmasi positif Covid 19

Tobi

Kejari Agam Gelar Simulasi cara Penanggulangi Bencana Kebakaran

Tobi
Share via