Ketua Abujapi Jateng, Agus Nur Wijanarko,ST : Salah Satu Program Kami Satpam Bisa Memiliki Rumah

97

(Painews.id) Jawa Tengah — Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) adalah salah satu wadah tempat berkumpulnya pelaku usaha jasa keamanan Indonesia, yang senantiasa diharapkan mampu menampilkan aktivitas yang dapat menampung aspirasi dan kepentingan para anggotanya. Terutama pada sektor bidang jasa pengamanan (Security).

Secara lebih luas bahwa ABUJAPI menjadi harapan semua anggota dan komunitas security Indonesia untuk dapat memberikan sumbangsih ide pemikiran serta kebijakan pada dunia usaha.

ABUJAPI Sebagai Mitra Pemerintahan/Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam menetapan kualifikasi perusahaan bidang pengamanan dan pengawasan standar peningkatan mutu, Menjadi pusat informasi, konsultasi, advokasi dan fasilitasi pengusaha jasa pengamanan berikut unsur didalamnya.

Abujapi Provinsi Jawa Tengah guna mewujudkan profesionalisme Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) dalam mengelola Satuan Pengamanan (Satpam) menggelar Fokus Group Discussion (FGD) di Gedung C ruang Rama Hotel UTC Semarang, Rabu (1/12/2021)

Pada kesempatan terpisah Ketua Abujapi Jateng, Agus Nur Wijanarko,ST diwaktu istirahat acara FGD, saat diwawancarai sminews.com menjelaskan Abujapi khususnya diwilayah Jawa Tengah berpijak kejadian Satpam di Solo lalu terkait dengan hal hal yang sifatnya profit BUJP belum semaksimal mungkin, karena pertama komitmen dari kami yang kedua komitmen dari jasa pengguna kami atau user,” jelasnya.

Hari ini kita mengumpulkan dalam Fokus Group Discussion di Hotel UTC Semarang dari semua pihak baik dari anggota yang tergabung dalam Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP), lalu yang kedua dari regulasi dalam hal ini Polda Jateng dan Disnaker Jateng dan yang ketiga dari pengguna Satpamnya atau usernya,” papar Agus.

Kami mengundang Apindo jateng dimana mereka mempunyai 1600 pengusaha yang menggunakan jasa Satpam kami.

Di Forum Group Discussion ini telah disepakati semua pihak sehingga hal hal yang sekiranya menjadikan salah satu pihak yang dirugikan itu bisa terpenuhi semua dan ada kesepakatan dimana di BUJP ada standar minimum managemen fee yang ditetapkan yaitu 7 persen saat kita menawar, yang kedua ada kesepakatan dari kami dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), temen temen dari Apindo akan kami buatkan draft standar untuk RAB penawaran pengamanan di setiap perusahaan mereka itu yang hari ini hasil dari FGD yang bisa kami formulasikan dan bisa menjadi rujukan kedepan,” tegas Agus

Terkait empat poin yang dibahas di FGD lanjut Agus, hasilnya bisa menjadi rujukan kedepan didalam BUJP melakaanakan penawarannya, yang kedua Apindo sendiri selaku pengguna user juga menerapkan sesuai regulasi yang ada sesuai aturan yang sebenarnya.

Agus mencontohkan seperti kompensasi kehilangan pekerjaan, itu mereka tadinya belum paham, karena tidak dipenuhi oleh karenanya Undang Undang ini akan menjadi sanksi berat bagi perusahan mereka tersebut.

Lwbih lanjut Agus menegaskan setelah usai acara FGD mereka baru paham, kedepan akan menerapkan sesuai regulasi atau aturan yang ada.

Kami berkomitmen bahwa dengan Apindo pengguna Satpam akan menggaji sesua aturan minumal UMK yang kedua kompensasi kehilangam.pekerjaan juga akan kami penuhi terus tunjangan.lain lain seperti BPJS akan dipenuhi semua,” imbuhnya

Dirinya menambahkan salah satu program Satpam diusulkan untuk bisa memiliki rumah, dari pihaknya akan memberikan fasilitas antara lain pemilikan rumah, kebetulan Abujapi pusat sudah MoU dengan Bank BTN yang siap memfasilitasi satpam yang selama ini susah untuk mendapatkan rumah dengan gaji yang terbatas,” ujar Agus

Pihaknya dengan Bank BTN sudah MoU nantinya dari DP, dari angsuran disesuaikan dengan gaji. Angsuran diperkirakan 40-50 persen dari gaji. Kita masih mencari lokasi yang pas dan benar benar tepat dari sisi pembiayaan bank BTN nantinya. Minimal type 21/30 dengan ukuran luas tanah 65 -70 m2.

Agus menambahkan BUJP juga MoU dengan Bank BTN untuk memberikan fasilitas dana talangan kepada perusahaan pengamanan, karena selama ini BUJP kadang menjadi beban leasingnya user karena mereka membayar kita 3-4 bulan baru cair, ini kan kendala,” bebernya dengan nada tanya.
Insya Allah dengan adanya dana talangan temen temen dari BUJP bisa terbantu,” pungkasnya.(Untung/Tgh )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini