Kerapatan Adat Nagari Bawan Batagak Penghulu,melewakan gelar Adat Dt Tan majo Lelo Suku Caniago

141

(Painews.id) Agam — Lembaga Kerapatan Adat Nagari(KAN) Bawan Batagak penghulu, malewakan gelar Adat Dt, Tan Majolelo, dalam Kaum Suku Caniago, Ninik Mamak Basa nan Barampek, di Bawan. Kepada Aprianto.SPd,MM, di Balairong Adat Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, minggu (21/02/2021).

Berdasarkan hasil musyawarah Ninik Mamak berserta pengurus lembaga kerapatan Adat Nagari Bawan, maka menyetujui peresmian Malewakan gelar Adat dalam payung Dt, tan majolelo selain melewakan gelar Dt, tan majolelo pengurus KAN juga melewakan gelar Panungkek berserta imam katibnya.

Kegiatan Baralek gadang yang diadakan di Baleirong Adat Nagari Bawan, siang itu Berjalan sukses dan lancar, rombongan Ninik Mamak diarak dengan tambue menaiki Balerong Adat.seluruh tamu undangan mematuhi protokol Covid-19 jaga jarak, Cuci tangan dan memakai Masker.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua LKAAM Kab Agam, LKAAM Kecamatan Ampek Nagari, A, Dt, Kando Marajo, KAN Nagari Batu Kambing, KAN Nagari tiku v Jorong, ninik Mamak senagari Bawan,Camat Ampek Nagari, Wali Nagari Bawan, jorong se Nagari Bawan, imam katib, Cadiak pandai,Pusako, Bundo kanduang Dan seluruh undangan.

Rangkaian acara ditandai dengan Pasambahan Adat, pemasangan Saluak dan keris. Ketua KAN Nagari Bawan menyerahkan kepada pusako Kaum dan pusako tersebut langsung Memasangkan kepada Dt, Tanmajolelo.Sedangkan pemasangan keris dipasangkan oleh Ninik Mamak tujuh Suku, Mn. Dt,Majolelo Basa.

Dalam sambutan nya. Ketua KAN Nagari Bawan A. Dt. Kando Marajo menyebutkan, setiap kaum dan anak kemenakan menunjuk penghulu untuk memimpin kaum. Berdasarkan musyawarah dan mufakat dimana tugas penghulu adalah untuk memimpin kaum dan Nagari,membimbing anak kemenakannya kearah yang lebih baik. Sebelum Dilewakan Membawa gelar Dt Tan Majo lelo, Aprianto Sudah lama mengurus Anak kemenakannya. Sekarang Aprianto, Spd. Sudah Sah Membawa gelar Sako Dt, tan Majo lelo, Ninik Mamak Basa Nan barampek, Kaum Suku Chaniago di Nagari Bawan.

“Basuluah Mato hari Bagalanggang Mato rang Banyak tagak lah samo tinggi, Duduak lah samo Randah dengan Ninik Mamak Nagari Bawan,tugas dan kewajiban penghulu kok kusuik untuak manyalasaikan, karuah untuak mampajaniah” ungkap Ketua LKAAM.

Ketua KAN Nagari Bawan, A, Dt, kando Marajo Menambahkan. Saya Berpesan Kepada angku Dt,Tan MajoLelo dan pusako Kok Ado yang tacicie tolong dipiliah kok ado yang tatingga dalam pengangkatan ini tolong di jemput kembali.. Sementara itu sejarah yang sama-sama kita ketahui bahwa ninik mamak Basa Nan Barampek, di nagari Bawan, gelar adatnya terdiri dari, “Tan Majolelo, Mangkuto Marajo, Makhudun dan satu lagi yang telah pupus yaitu Datuak Sardeo.” untuk itu perlu kita ketahui bahwa gelar adat TAN MAJOLELO di nagari Bawan ini Hanya Satu.

Saat di konfirmasi Editor, Aprianto, S.Pd.MM Dt.Tan Majolelo Berserta Anak kemenakan mengucapkan, terima kasih atas Bantuan dan kerja sama semua pihak yang telah mensukseskan acara malewa kan gala Dt, Tan Majo lelo ini. Sehingga acara ” Baralek gadang” tersebut berjalan sukses dan lancar mulai dari awal sampai hakir. Tutur Tokoh Paroh Baya itu.

Kepala sekolah Smp 1 lubuk basung Dt. Tan Majolelo menambahkan.Saya selaku Ninik Mamak/ Datuak berpesan kepada Pusako dan Anak Kemenakan dalam Payung A,Dt, Tan Majo Lelo agar lebih cerdas dalam menyikapi permasalahan Nagari yang terjadi sekarang ini,

“”Jangan kita terpancing oleh isu-isu memecah oleh orang-orang yang tidak berkepentingan di Kaum kita ini. mari kita perkuat tali silahturahmi Menuju Nagari Bawan Bersatu dan sejahtera ” pungkasnya.

Selesai acara Malewakan gelar Adat. Payung Dt,Tan majolelo seluruh undangan yang hadir dijamu dengan makan bajamba. Dan ditutup dengan do’a Bersama.
(Bj.Rahmat).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini