Kebijakan Kominfo Pemalang Di Hari Pers Nasional Picu Pecah Belah Kerukunan Dan Melukai Banyak Jurnalis

69

(Painews.id) Jawa Tengah — Kebijakan dan undangan yang di keluarkan oleh pihak kominfo Pemalang yang hanya mengundang segelintir jurnalis untuk hadiri acara Hari Pers Nasional di pendopo kabupateng Pemalang yang di jadwalkan pada hari ini, Selasa 8/2/2022 pukul 19:00wib sangat sangat melukai dan mengewakan puluhan jurnalis yang ada, bahkan kebijakan ini di khawatirkan sangat mungkin bisa memecah belah kerukunan antar wartawan di Pemalang.

Perlu di ketahui bahwa di kabupaten Pemalang ini ada puluhan bahkan ratusan jurnalis, baik dari media online dan media cetak. Lah kenapa kok hanya segelintir jurnalis saja yang di undang oleh pihak Kominfo Pemalang untuk menyambut Hari Pers Nasional yang akan di selenggarakan di pendopo kabupaten. Kebijakan ini sangat tidak Fair dan menimbulkan gejolak di tengah – tengah kerukunan para jurnalis, salah satu Jurnalis Senior BD dari media KB menyayangkan kebijakan yang di keluarkan oleh pihak kominfo Pemalang di Hari Pers Nasional tahun ini. Bung BD berikan tanggapan dalam Group WhatsAp Forum Wartawan Pemalang menyatakan Masih di kesampingkan profesi jurnalis, mereka itu tidak sadar bahwa promosi adalah produk dari Jurnalis, mereka hanya takut bukan menghormati, kunci jurnalis yang profesional itu ya harus Independen agar pemerintahan kabupaten Pemalangan tercipta stabilitas, tuturnya. Lebih lanjut Bung BD mengatakan, untuk rekan – rekan jurnalis yang ada di Pemalang silahkan bila mau datang di acara tersebut walaupun tidak di undang, tapi jangan berharap apapun selain berita dan informasi dari acara Hari Pers Nasional yang akan di gelar malam nanti. Datang saja semua biar pihak kominfo mikir, bahwa kita jurnalis yang ada di Pemalang ini banyak yang punya potensi yang harus di rangkul semua bukan pilih kasih, ucapnya. Kemudian tanggapan ramainya kisruh di forum wartawan Pemalang juga di tanggapi oleh salah satu Wartawan senior yang mendapat undangan di acara tersebut, yaitu Bapak Joko S. Alias Om Joko Longkoleyang yang tergabung di ( KJT ) Beliau di Group WA Forum Wartawan Pemalang menanggapi, bahwa ” Wong wartawan biasa kaya jae kangkung koh, ndadak gemedher ” ( wartawan itu ibarat jahe dan kangkung kok pada ribut – ribut ) ayo tunjukan hebatnya wartawan dan meminta rekan – rekan yang tidak di undang menanyakan langsung kepada pihak Kominfo Pemalang dan mengatakan ini acaranya PWI atau HUT PWI, katanya.

Melihat situasi dan kondisi jelang penghormatan di Hari Pers Nasional yang kurang berpihak ke pada puluhan rekan – rekan jurnalis yang ada di Pemalang, Us M Ka.Biro Salah satu media online ( RA ) Mencoba klarifikasi dan menanyakan persoalan ini kepada salah satu staff Kominfo Pemalang, Melalui pesan WhatsAp saudara Us M mendapat jawaban dari Ibu Titi ( salah satu staff kominfo Pemalang ) mengatakan ‘Nggih mas mohon maaf, ini acara gaweanya PWI karena HUT PWI, undangan yang menentukan dari PWI, kita hanya membantu membuatkan undangan karena ada undangan Dirkopimda dan OPD serta instansi terkait, karene minggu ini PPKM level 3, undangan sangat di batasi, tutur staff Kominfo tersebut melalui Pesan Singkat via WA.

Tak lama kemudian Ibu Titi kembali menghubungi saudara Us M , beliau mengatakan, bahwa pihak kominfo sudah menghadap Bupati dan Kapolres Pemalang dan sudah di ijinkan, jadi monggo mas Us kalo rekan – rekan Jurnalis mau hadir di acara Hari Pers Nasional yang kita selenggarakan, jelasnya.

Kemudian Bung Yogo Darminto, S.Pd Ketua 234SC ( Sosial Comunity ) Reqwil Pemalang yang juga selaku ketua WPSP ( wartawan peduli sosial Pemalang ) menanggapi gejolak dan ketidakharmonisan ini.

Yogo Mengatakan Sepertinya pihak Diskominfo tidak menginginkan dan tidak ingin menjalin hubungan baik dengan semua jurnalis yang ada di Pemalang ini, padahal kita sering sekali liput dan rilis kegiatan baik maupun kritik dengan tujuan agar kedepan pemerintah kabupaten Pemalang lebih baik walaupun saat liputan dan rilis kita dapat dukungan apa – apa dari pihak Pemerintah Kabupaten Pemalang, AMAN ( Adil Makmur Agamis Ngangeni ) seperti Visi Misi Bupati yang sering di gembar gemborkan di setiap sambutan dalam setiap acara. Sangat di sayangkan ya ada tebang pilih dan pilih – pilih kasih undangan di Hari Pers Nasional, ini hari istimewanya para insan pers loh. Emang hanya orang – orang itu tok jurnalis disini, ada apa ini ?tegasnya.

Di akui atau tidak semua jurnalis punya peran besar di disini untuk turut serta membangun Pemalang lebih baik, saya mewakili rekan – rekan jurnalis yang tidak di anggap oleh pihak Kominfo Pemalang berharap, sudah seharusnya dalam hal ini kominfo Pemlang bisa lebih bijaksana, Pungkasnya.

(Mas All )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini