Painews
Agam Provinsi Sumbar

Kadis Pendidikan Agam Isra. S. Pd, M. Pd, : “Efnita ” Sosok Kepala Sekolah Luar Biasa

(Painews.id) Agam — Efnita. S. Pd,M. Pd adalah seorang sosok Kepala Sekolah yang punya banyak talenta. Selain profesional dalam bertugas sebagai kepala Sekolah, ia juga mampu berkarya melalui menulis sebuah buku yang berjudul ” PENAKLUK PERTEMUAN “. Menurut “Efnita ” Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya.

Kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja, anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang-orang yang telah berusia lanjut.

Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya.

Selain itu, dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita.

Tanpa kita sadari, manfaat membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi bagi kita. Namun sayangnya kegiatan membaca buku akhir-akhir ini telah banyak diabaikan berbagai kalangan dengan alasan kesibukan, maupun karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet.

Siapa benar dia? Kalimat ini membawa kita ingin mengetahui sosok ibu muda yang ingin membuka cakrawala dunia.

Berikut hasil kupasan awak media yaitu :

Efnita,S.Pd.M.M.Pd, lahir di Manggopoh pada tanggal 13 Oktober 1968.

Penulis lahir dari orang tua H. Mardas dan HJ. Yusnaini, Terlahir sebagai anak ke 3 dari 6 bersaudara.

Penulis menempuh Pendidikan dimulai dari SD Inpres 77-74 Manggopoh ( lulus tahun 1981 ) melanjutkan ke SMP Negeri Manggopoh (lulus tahun 1984) melanjutkan ke SPG N 2 Padang ( lulus tahun 1987) Setelah tamat SPG Melanjutkan kuliah di SGPLB Negeri Padang.

Sekolah Guru Pendidikan luar Biasa yang terletak di limau manis Padang yang lulus tahun 1989, Kemudian melanjutkan kuliah D.II di Universitas Terbuka dan lulus pada tahun 2001.

Seterusnya ia melanjutkan S1 di Universitas Terbuka dan lulus pada tahun 2009 dan terakhir lanjut kuliah S2 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Malang dan lulus pada tahun 2013.

Dalam karir pertamanya ia lulus sebagai ASN di SD 37 Batu Panjang Tanjung Raya pada tahun 1991, Mutasi ke SD 12 Anak Air Dadok Lubuk Basung pada tahun 1996. Pada tahun 2010 promosi sebagai kepala sekolah .

pengangkatan Kepala Sekolah Pertama di SDN 49 Batu Hampar dan telah berhasil membawa sekolah tersebut ke sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten.

Setelah itu Efnita, mutasi ke SDN 09 Balai Satu dan telah berhasil juga membawa sekolah tersebut ke sekolah adiwiyata tingkat tingkat Kabupaten.

Dan selanjutnya mutasi ke SDN 18 Balai Satu juga telah berhasil membawa sekolah ke adiwiyata tingkat kabupaten.

Dan sekarang mutasi ke SDN 07 Sungai Jaring aktif sebagai kepala sekolah sampai saat ini. Di sekolah SDN 07 Sungai Jaring prestasi yang sudah sekolah raih yaitu menuju adiwiyata tingkat Kabupaten, dilanjutkan Adiwiyata tingkat Provinsi dan sekarang persiapan menuju adiwiyata Nasional .

Alhamdulillah semoga tahun ini berhasil lanjut adiwiyata tingkat Nasional.Saat ditanya tentang hasil karyanya, Efnita mengatakan, bahwa buku tersebut menceritakan sosok seorang gadis cantik yang rupawan dan ramah, berubah menjadi wanita tertutup dan tidak semangat menjalani hidupnya. “Jelas Efnita”.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Isra. S. Pd, M. Pd, saat diminta tanggapannya mengatakan, Alhamdulillah dan ribuan terimakasih kita ucapkan kepada ibu Efnita. Yang mampu berinovasi dan mengembangkan diri. Ini merupakan prestasi yang luar biasa. Biasanya menulis sebuah buku, orang orang dikampus sana.

Dan sastrawan yang membidangi nya. Seorang kepala sekolah mampu menulis sebuah buku itu luar biasa. Sepertinya kuncinya prestasi itu memang sebuah kemauan. Tutup Isra. (AL GURU).

Related posts

Lakukan Vaksinasi Covid-19 Saat Puasa, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Dinkes Agam Tri Pipo: Aman

Tobi

PBM  Secara Tatap Muka Telah Dilaksana kan  148 Sekolah di Agam

Tobi

Sebagai Calon Wakil Bupati Agam, Ir. Novi Endri, Msc, Dapatkan Dukungan Penuh Oleh Ninik Mamak Lubuk Basung

Tobi
Share via