Painews
Kota Metro

Kabar Gembira!! Kamis Besok, Pemkot Metro Salurkan Bantuan Uang Tunai ke Warga Terdampak Covid-19

(Painews.id)Kota Metro — Jumlah penerima Bansos Pemkot Metro, ucap Kadis Sosial Metro, Suwandi tercatat ada sekitar 3400 Kepala Keluarga (KK) yang akan menerima uang sebesar Rp 400 ribu setiap bulan selama tiga bulan kedepan”

Metro- Mudah- mudahan tidak ada kendala. Rencananya, hari Kamis besok tanggal 14 Mei 2020 Pemerintah Kota (Pemkot) Metro akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada warga terdampak Covid-19. Anggaran bansos sebesar Rp 4,4 Milyar yang dikelola oleh Dinas Sosial untuk warga Kota Metro tersebut bersumber dari APBD setempat.

Sekretaris Daerah (Setda) Kota Metro sekaligus juru bicara tim gugus tugas pencegahan covid-19, Nasir AT menyampaikan bahwa pemkot telah mengalokasikan dana bantuan sosial Rp4,4 miliar di dinas sosial (dinsos).

“Untuk pendistribusian bantuan sosial yang di dinsos sudah dijadwalkan hari Kamis mendatang,” ujar Nasir, Rabu (13/5)

Namun demikian, dia tidak menjelaskan mekanisme proses pencairan bansos yang akan diterima warga terdampak covid-19 itu.
“Yang sudah di realisasikan sejauh ini bantuan pangan non tunai (BPNT) dan juga program keluarga harapan (PKH),” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kota Metro Suwandi membenarkan pada hari Kamis besok Pemkot Metro akan menggelontorkan berupa santunan bansos kepada masyarakat terdampak Covid-19 dari Pemerintah Kota (Pemkot) Metro cair.

Bantuan dengan total Rp 4,4 Miliar tersebut, disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) secara bertahap. “Ya besok mulai disalurkan Bansos dari Pemkot Metro,” ujar Suwandi kemarin.

Ia menjelaskan, bahwa bantuan tersebut menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Metro yang langsung di transfer ke BRI.

“Anggarannya tidak di dinsos. Jadi BPKAD mentransfer ke BRI, nanti BRI akan mentransfer Bansos tersebut ke calon penerimanya yang sudah dilakukan pendataan,”ungkapnya.

Penyaluran sendiri dilakukan secara bertahap, dimana untuk Besok (14/5) Kelurahan Purwosari dan Purwoasri yang mengambil bansos di BRI. “Gak serentak, nanti akan muncul data dari kelurahan, baru kita buat SK Wali Kota baru di krim ke BRI untuk dibukakan rekening,”terangnya.

Menurut Suwandi, sampai saat ini data dari 22 Kelurahan di Bumi Sai Wawai telah hampir rampung dan tinggal menunggu penetapan SK Wali Kota. “Pokoknya setiap data masuk langsung kita kirim untuk penetapan SKnya,”ujar Wandi.

Jumlah penerima Bansos Pemkot Metro sendiri, menurutnya ada sekitar 3400 Kepala Keluarga (KK) yang akan menerima uang sebesar Rp 400 ribu setiap bulan selama tiga bulan kedepan.

“Transfernya setiap bulan. Jadi besok penerima dari dua kelurahan tersebut terima untuk satu bukan atau Rp 400 ribu di BRI Unit Sudirman. Penerimaannya terjadwal, Kita berharap tetap menjalankan protokol kesehatan,” pungkasnya.
(Padel Ahmad)

Related posts

Ketua DPRD Kota Metro Tondi MG Nasution, Berkomitmet Untuk Mewujdukan Visi Lampung Berjaya

Tobi

Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan Zaini mengunjungi Makodim 0411/Lampung Tengah

Tobi

Turnamen Sepakbola AMC CUP Berlangsung Sengit Dan Menyita Perhatian

Tobi
Share via