Gubernur Arinal Djunaidi Akan Terima Penghargaan Bidang Pertanian Abdi Bakti Tani 2021

51

(Painews.id) Jakarta, — Gubernur Arinal Djunaidi dijadwalkan akan menerima penghargaan Bidang Pertanian yang akan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin di Istana Wakil Presiden pada Senin 13 September 2021.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Lampung saat menyampaikan Informasi Petikan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor : 465/Kpts/KP.590/M/08/2021 tanggal 13 Agustus 2021 Tentang Pemberian Penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021.

Petikan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia tersebut disampaikan pihak Kementerian Pertanian kepada Gubernur Lampung pada Minggu (12/09).

Dalam lampiran Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia tersebut Provinsi Lampung menduduki peringkat pertama kategori Provinsi dengan peningkatan produksi padi tertinggi Tahun 2019 – 2020.

Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas kinerja Pemerintah Daerah yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia dan meningkatkan ekspor produk pertanian, juga sebagai rangkaian peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2021 yang bertepatan dengan tanggal 24 September 2021.

Pembangunan sektor pertanian di Provinsi Lampung terus mengalami peningkatan meskipun dalam situasi pandemi Covid-19. Sektor pertanian mampu tumbuh secara positif.

Salah satunya dari besaran produksi padi, Provinsi Lampung Tahun 2020 mencapai sebesar 2,65 juta ton gabah kering giling (GKG) atau meningkat 22,47 persen dari produksi padi tahun 2019.

Gubernur Lampung terus berkomitmen untuk membangunan sektor pertanian di Provinsi Lampung yang diwujudkan dengan menentukan kebijakan strategis, yaitu berupa program Kartu Petani Berjaya (KPB). Program ini diharapkan memberikan berbagai kemudahan kepada petani dalam proses produksi dan pemasaran hasil pertanian.

Pada berbagai kesempatan Gubernur Arinal Djunaidi juga mengungkapkan peran Provinsi Lampung dalam menopang sekitar 40 persen kebutuhan berbagai produk pangan DKI Jakarta.

Tumbuh dan berkembangnya sektor pertanian berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi Lampung. Sebagaimana data resmi yang dilansir BPS pada 5 Agustus 2021, untuk tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Lampung juga menunjukan trend yang positif. Besaran pertumbuhan ekonomi pada Triwulan I-2021 secara q-to-q, Lampung tumbuh 3,04 persen dan Triwulan II-2021 tumbuh 6,69 persen, angka ini merupakan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi Se-sumatera. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini