Fenomena ‘Manusia Karung’ Di Kotabumi

61

(Painews.id) Lampung Utara — Kesenjangan sosial ekonomi sejak pandemi covid-19 melanda dunia semakin terasa. Nampak terlihat semakin menjamurnya Tuna Sosial dan Kaum Darwis. Salah satunya terlihat di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Kotabumi, Lampung Utara. Sepanjang Jalan ini saja setidaknya terdapat sekitar 24 titik ‘Manusia Karung’ yang sebagian besar merupakan pemulung. Jum’at (17/12/2021).

Beberapa diantaranya mengaku selain melakukan kegiatan memulung, juga mengharapkan uluran tangan dari pemberi sedekah, terutama saat momen-momen tertentu, misalnya saat di Hari Jum’at. Diketahui bahwa Hari Jum’at merupakan hari istimewa bagi umat muslim. Biasanya pada hari tersebut, terdapat kelompok maupun individu yang melakukan kegiatan berbagi, baik makanan, minuman, bahan pokok, uang tunai dan lainnya.

Salah satunya diungkapkan oleh RS saat berbincang dengan awak media ini mengaku selain memulung, dirinya setiap Hari Jum’at menanti sedekah dari lalu lalangnya pengguna jalan,
“Nunggu rejeki, biasanya ada Jum’at Berkah mas”, Ujar RS, warga cempedak saat dihampiri.

Selaras dengan pernyataan DD, warga Karang Sio, Kotabumi Udik yang juga mengaku sebagai pemulung, sengaja ‘ngetem’ di pinggir Jalan Jenderal Sudirman, Kotabumi untuk menanti adanya kegiatan-kegiatan sosial di Hari Jumat, “Setiap Jum’at memang biasanya ada yang bagi-bagi makanan, sembako, kadang juga amplop mas,” Katanya.

Uniknya, fenomena ini semakin terlihat saat Hari Jumat. Sementara saat hari biasa, jarang ditemukan fenomena menjamurnya ‘Manusia Karung’ tersebut. (aw/Adi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini