Painews
Agam Provinsi Sumbar

Dinas Pertanian Agam Kembangkan Holtikultura Tanaman Buah di Kawasan Objek Wisata

(Painews.id) Agam —Pemerintah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, melalui Dinas Pertanian (Distan) Agam fokus dalam pengembangan kawasan hortikultura tanaman buah-buahan di wilayah pariwisata.

“Fokus kami dalam pengembangan wilayah hortikultura adalah, di wilayah-wilayah tempat objek wisata,” ujar Kepala Distan Kabupaten Agam, melalui Kabid Hortikultura, Sari Mustika, Kamis (27/8/2020).

Pengembangan holtikultura ini di kawasan objek wisata agar Agam memiliki kebun buah yang juga bisa dinikmati oleh para wisatawan.

“Pengembangan wilayah hortikultura ini, sejalan dengan salah satu program strategis Kabupaten Agam, yaitu Agam Menyemai. Kami bekerja sama dengan pemerintah nagari dan dinas pariwisata,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga memfokuskan pengembangan tanaman buah-buahan di beberapa jorong yang ada di Kabupaten Agam.

Di Jorong Subarang Aia, Nagari Salareh Aia, dan Jorong Gumarang, Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan dikembangkan Jambu Jamaika. Di Jorong Durian Kapeh, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara, dikembangkan Durian Montong, di Jorong Palimbatan, Nagari Pasia Laweh, dan Jorong Pagadih, Nagari Pagadih, Kecamatan Palupuah serta Nagari Koto Panjang Kecamatan IV Koto dikembangkan jeruk.

“Jorong ini nantinya akan dijadikan wilayah percontohan. Kawasan tanaman buah ini langsung dikelola oleh masyarakat, dan tetap di bawah pantauan Dinas Pertanian Kabupaten Agam, sehingga kualitas dan hasil panennya bisa maksimal,” ujarnya.

Sari Mustika berharap, dengan pengelolaan dan perawatan yang baik, hasil panennya nanti dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.Hms.
(Bj.Rahmat)

Related posts

Forum Konsultasi Publik RKPD Th 2023 Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Bang Dheny

Polres Agam Wajibkan Masyarakat Miliki Serifikat Vaksin Untuk Mendapatkan Pelayanan

Bang Dheny

Polres Agam Laksanakan kegiatan Yustisi Peraturan Daerah No.6 Tahun 2020

Tobi
Share via