Painews
Daerah JAWA TENGAH

Dengan Uang Jimpitan Warga RT 01 RW 06 Nyatnyono Aspal Mandiri Jalan Lingkungan

Painews.id – Semarang – (12/8/2021) Dari Uang jimpitan RT yang “tidak seberapa, jika dikelola dengan baik bisa menjadi pendapatan yang manfaatnya luar biasa bagi masyarakat.
Bagi sebagian orang, uang jimpitan RT, mungkin nilainya tidak seberapa. Namun jika dikelola dengan baik, jimpitan senilai seribu rupiah itu bisa menjadi pemasukan yang cukup berarti. Seperti di RT 01 RW 06 Dusun Sendang putri, Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat. Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Bp Tumino Ketua RT setempat mengungkapkan, uang jimpitan sudah menjadi sumber pemasukan kas RT sejak tahun 2017 silam. “Jimpitan menjadi pendapatan yang paling banyak di sini, dibanding dengan iuran-iuran lain yang ada. Jadi jimpitan menjadi andalan,” katanya, Rabu (11/8/2021)

Ia menjelaskan, jimpitan di RT-nya telah disepakati oleh warga dalam bentuk uang sebesar Rp 1000 rupiah per hari. Tetapi dalam praktiknya, warga bisa memberikan lebih, minimal Rp 1000 per hari. “Setiap hari rata-rata bisa masuk Rp 80 sampai 100 ribu, itu bagus sekali untuk nambah kas RT,” ujarnya.

Uang jimpitan diambil setiap malam oleh warga yang mendapat jadwal bersamaan dengan jadwal ronda atau siskamling. “Setiap malam mereka mendapat jatah ronda. Nah, sambil keliling mengamankan kampung mereka mengambil uang jimpitan dari rumah ke rumah. Setiap rumah diberi tempat uang sebagai tanda kalau rumah tersebut sudah memberi uang jimpitan,” jelas BP Tumino

Menurut pengurus RT BP Yushak Sebelum jimpitan berjalan baik, warga harus selalu membayar iuran setiap akan diadakan kegiatan RT, nilainya pun banyak. Tapi setelah jimpitan berjalan lancar dan tertib, iuran yang dibebankan warga menjadi berkurang. Bahkan, warga bisa membeli berbagai perlengkapan RT.

“Dengan uang jimpitan yang terkumpul tiap bulan, kami bisa memperbaiki jalan kampung, membagi sembako. paving jalan,penyediaan fasilitas Pos Ronda, Kami juga baru saja beli seperangkat alat spiker aktif untuk menunjang kegiatan RT,kata BP Yusak
Kadus RW 06 Bp Sulis mengatakan sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang dilakukan dilingkungannya ,
Senada dengan pak Kadus,ketua RW 06 Khumaedi juga berpesan agar warga masyarakat RT 01 tetap bersemangat dalam pembangunan di lingkungan RT 01.
Tim Pembangunan RT 01 Bp Ngadiran,Bp Sugiyarto dan Bp Hari,memimpin pelaksanaan Kegiatan pengaspalan tersebut yg berlangsung pada hari Minggu dan dilanjutkan pada hari Rabu ini dan kegiatan ini juga dibantu oleh BP Ketua RT 02 Bp Maryono beserta jajaran tokoh RT 02,,Kegiatan pengaspalan ini dihadiri 90 persen lebih warga RT 01 dan berhasil mengaspal jalan sepanjang 300 meter.

(Jurnalis PAI News HM,Dn))

Related posts

Memperingati HPN, Jajaran Pengurus PWI Jateng Ziarah ke Makam Wartawan Senior

Tobi

Peduli Erupsi Semeru, PWO Magelang Raya Kolaborasi Yonarmed 11/2 Kostrad dan Komunitas Musik Gelar Konser Kemanusiaan

Bang Dheny

Kegiatan Vaksinasi Desa Sumur Kidang Di Pantau Langsung Camat Bantarbolang

painewsadmin
Share via