Painews
NASIONAL

Bupati OKU Timur Pimpin Apel Kesiap Siagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Bencana

(Painews.id) OKU Timur--Dalam Pencegahan dan penanganan pengendalian bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur sum – sel, menggelar Apel Kesiap siagaan Personil dan Peralatan dalam Penanggulangan Bencana di wilayah Kabupaten OKU Timur sum – sel.Apel yang digelar dihalaman Pemkab OKU Timur dipimpin langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD. Senin (06/01/2020).

Kholid mengatakan bencana adalah peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat baik yang di sebabkan faktor alam dan non alam, maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologi berbagai penyebab yang memimbulkan bencana tersebut.

“Hari ini kita bangun komitmen bermitra dan bekerjasama dalam upaya pencegahan bencana banjir, Karhutla, angin puting beliung dan tanah longsor. oleh Karena itu Pencegahan dan penanggulangan pengendalian bencana merupakan tanggung jawab seluruh pihak,” Ujarnya.

Adapun upaya pengendalian akan berhasil secara optimal jika didukung oleh peran serta yang konstruktif dan komitmen kuat  dari seluruh pihak, TNI, Polri, Dinas terkait, pemerintah kecamatan, swasta dan masyarakat yang dilakukan secara solid, serius dan koordinatif dibarengi oleh kepatuhan seluruh elemen – elemen terhadap peraturan UU yang berlaku.

“Apel kesiap siagaan yang kita laksanakan setiap tahun diarahkan untuk mempersiapkan personil dan peralatan nya, agar lebih cepat dan siap, untuk dapat dimobilisasi ke wilayah yang dianggap rawan dan berpotensi terjadinya bencana dengan peralatan yang ada dalam kondisi baik dan dapat dipergunakan secara maksimal,” Tambah Kholid.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur sum – sel, Mgs Habibullah S.IP., MM, menambahkan peserta Apel Kesiap siagaan Penanggulangan Bencana terdiri dari, Kodim 0403 OKU satu pleton, Polres OKU Timur satu pleton, Puslatpur satu pleton, Yon Armed 15/105 Tarik satu pleton, Tepbek-44-04-A-Martapura satu pleton, Sat Brimob Batalyon C Kompi 1 satu Pleton, Basarnas Pos Martapura satu Pleton, Sat Pol PP dan Damkar dua pleton, Dinkes satu pleton, Dinsos satu Pleton, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan satu pleton, Dinas PU dan Tata Ruang satu pleton, Dinas Perkim satu pleton, Dishub satu pleton, Dinas Pertanian satu pleton, Tim Reaksi Cepat (TRC) dan tim kura-kura ninja BPBD OKU Timur satu pleton. TRC kecamatan satu pleton. PMI satu pleton, Senkom satu pleton.

“Tujuan apel dalam rangka ketersedian, kesiap siagaan personil dan peralatan Kabupaten OKU Timur dalam rangka penanggulangan bencana dengan bergerak cepat, bertindak tepat, terarah, terpadu, tangguh, teruji, sinergisitas dan profesional,”pungkasnya. (Irawan)

Related posts

Gagal Mediasi Dengan PT. TBJ, Penasehat Hukum Suto Minta Perlindungan Hukum Ke Polda Lampung

Tobi

“Kesehatan Merupakan Hak Dasar ( HAM )” LBH PAI Mengecam RSUD Abdul Moeloek Di Duga Telah Menelantarkan Pasien

Tobi

Bantu Umat di Masa Pandemi, Masyarakat Tanpa Riba Siapkan Fasilitas Air Minum Gratis

Tobi
Share via