Painews
Daerah Politik

Ayo, Ciptakan Pemilu Lebih Baik!

Pesisir Barat – Painews.id, Riak-riak pemilu kepala daerah (Pilkada) di Pesisir Barat mulai terlihat. Penyelenggara bersiap melaksanakan tahapan. Sementara sejumlah pihak yang berminat bertarung dalam pesta demokrasi ini mulai muncul.

Salah seorang tokoh pemuda Pesisir Barat Yopi Hendro mengatakan, pemilu merupakan sarana penunjang dalam mewujudkan sistem ketatanegaraan secara demokratis. Pemilu pada hakikatnya proses ketika rakyat sebagai pemegang kedaulatan memberikan mandat kepada para calon pemimpin untuk menjadi pemimpinnya.

”Dalam negara demokrasi, pemilu adalah salah satu bentuk syarat mutlak yang harus dipenuhi. Pelaksanaan pemilu yang luber dan jurdil memerlukan partisipasi aktif masyarakat. Pelaksanaan pemilu yang baik melahirkan harapan yang lebih baik akan masa depan demokrasi bangsa,” kata Yopi.

Lelaki yang berprofesi sebagai advokat ini menuturkan, pilkada menjadi bagian penting dari sejarah panjang perjalanan bangsa Indonesia. Karena itu, integritas penyelenggara dan proses penyelenggaraan pemilu adalah prasyarat penting.

Pengawasan pemilu juga perlu dilakukan untuk menjamin terbangunnya sistem politik yang demokratis. Dengan begitu, hasilnya mendapat legitimasi dari rakyat dan peserta pemilu.
Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat sudah dekat. Karena itu, harus ada jaminan secara kualitas akan lebih baik daripada pemilu sebelumnya. Baik dari pemilih yang meningkat dan berkurangnya pelanggaran.

”Itu semua menjadi PR penting bagi seluruh elemen. Baik penyelenggara pemilu, bahkan rakyat secara umum untuk menjamin pemilu yang berkualitas sebagai cerminan demokrasi yang baik,” tegasnya.

Ketua Alumni SMAN 1 Lemong ini menambahkan, pemilu yang berkualitas seharusnya dibarengi dengan proses pengawasan yang baik, sebagai instrumen penting dari proses penyelenggaraan pemilu. Suara rakyat yang disampaikan harus dipastikan agar tidak disalahgunakan.

Terkait proses pengawalan suara, diperlukan gerakan dengan output terciptanya rakyat yang siap mengawal perjalanan suara pemilih. Dengan dukungan rakyat, pengawasan tidak hanya dilakukan Bawaslu sendiri.

Pemilu partisipatif yang sudah digalakkan oleh Bawaslu harus dirawat dan terus disuarakan kepada masyarakat. Sebagai salah satu bagian upaya mewujudkan keterlibatan masyarakat dalam proses pengawasan pemilu yang luber dan jurdil. Karena pada esensinya, demokrasi adalah pelibatan rakyat secara menyeluruh.

Pada akhirnya, semua harus meneguhkan niat dan diri untuk ikut serta dalam menyukseskan pilkada 2020 yang penuh integritas dan berkualitas. Momen ini harus dijadikan gerbang perubahan untuk melahirkan pemimpin yang lebih baik.

”Melahirkan pemimpin yang bisa membawa nasib rakyat, bangsa dan negara ke arah yang lebih baik. Karena pada hakikatnya, pemilu adalah kita. Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu,” tegas Yopi.

Related posts

Kanwil Kemenkum HAM Jateng Baksos ke Panti Wredha

Bang Dheny

Di Srudug Truk Di Lampu Merah Petarukan Dua Pengendara Motor Tewas di Tempat

painewsadmin

Ketua DPRD Kab Bandung, H. Sugianto Siap Berkolaborasi Dengan PWI Dan IJTI Di Soreang

Tobi
Share via