Apresiasi Kinerja Kepala Daerah FISIP Unila Gelar Penganugerahan Governance Award 2020

65

(Painews.id)Bandar Lampung, – – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung (FISIP UNILA), Selasa, (11/2/2020) menggelar kegiatan Penganugerahan Governance Award Tahun 2020 di Ruang Sidang Rektorat Universitas Lampung.

Acara yang dibuka oleh Rektor Unila, Prof. Dr. Karomani, M.Si ini memberikan penganugerahan kepada 3 (tiga) Kepala Daerah Kabupaten/Kota yang dinilai unggul yaitu Wali Kota Bandar Lampung, Wali Kota Metro, dan Bupati Pringsewu.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud apresiasi FISIP UNILA kepada para Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung yang telah berupaya mewujudkan pemerintahan yang unggul pada 7 (tujuh) aspek penilaian yaitu reformasi birokrasi, pemerintahan bersih, pelayanan publik, keuangan daerah, kebebasan informasi, pelestarian budaya dan penguatan demokrasi.

Ketua Tim Peneliti Governance Award FISIP Unila Dr. Dedy Hermawan Governance Award 2020 merupakan hasil dari serangkaian penelitian yang telah dilakukan Tim Peneliti FISIP UNILA pada 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung sejak bulan Agustus hingga November 2019. Data Primer penelitian kualitative ini diambil dari qualitative expert assestment dalam bentuk kuisioner yang diisi oleh 30 orang pakar dari kalangan akademisi, praktisi dan pengamat secara purposive berdasarkan bidang keahliannya, kata Dedy Hermawan.

Dedy Hermawan menambahkan untuk bobot penilaian kuisioner tersebut dalam rentang Sangat Baik (skor 1), Baik (skor 2), Cukup (skor 3) dan Tidak Baik (skor 4), sehingga semakin kecil skor kumulatif maka akan semakin baik nilai diperoleh. Digunakan juga data sekunder berupa analisis terhadap kebijakan, pemberitaan dan informasi berkaitan dengan aspek penilaian. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan skoring terhadap angket penilaian expert dengan bobot 60% dan skoring terhadap data sekunder (website, kebijakan, berita, dan informasi lainnya) dengan bobot sebesar 40%. Selain itu, analisis data kualitatif dilakukan melalui reduksi dan penarikan kesimpulan dari Focus Group Disscussion yang telah dilaksanakan melibatkan pada expert tersebut.

Penganugeraha yang baru diadakan kali pertama ini rencananya akan dijadikan kegiatan tahunan FISIP Unila. Kegiatan ini merupakan kontribusi keilmuan FISIP Unila bagi Provinsi Lampung untuk membantu menilai kinerja Kepala Daerah dari segi sosial, ekonomi, dan politik sekaligus memotivasi para Kepala Daerah untuk memajukan daerahnya, ujarnya. (wagiman/Asep)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini