Apel Gabungan Siaga Bencana Alam Tahun 2020 Dipimpin Kapolres Tulang Bawang, Berikut Amanat Bupati Tuba Melalui Kapolres

57

(Painews.id)Tulang Bawang–Kapolres Tulang Bawang AKBP Andy Siswantoro, SIK, memimpin Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana Alam serta Pengamanan Hari Raya Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 di tengah pandemi Covid-19.

Kegiatan apel gabungan ini berlangsung Di lapangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang, Jalan Cemara, Lingkungan Gunung Sakti, Kelurahan Menggala Selatan, Kecamatan Menggala, Sekira Pukul 09.21 WIB Pada Hari Senin (30-11-2020).

Pada kesempatan tersebut, Kapolres membacakan amanat dari Bupati Tulang Bawang DR.(Cand). Hj. Winarti, SE, MH.

Hasil analisa BMKG, memasuki akhir tahun 2020 akan terjadi peningkatan akumulasi curah hujan akibat fenomena alam La Nina di seluruh Indonesia. Dampaknya berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, gempa bumi dan tsunami.

“Prediksi dari BMKG, puncak La Nina akan terjadi bersamaan dengan puncak musin hujan di bulan Desember 2020 dan Januari 2021,” ujar AKBP Andy dalam amanat yang dibacakannya.

Lanjutnya, Kabupaten Tulang Bawang ini tergolong daerah rawan bencana, seperti yang terjadi pada tahun 2020 ini. Menurut data yang ada, bahwa pernah mengalami bencana alam berupa banjir di Kecamatan Menggala dan sekitarnya, serta angin puting beliung di Banjar Agung dan sekitarnya.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, pada bulan November 2020 Kabupaten Tulang Bawang termasuk dalam daerah zona kuning, dengan dilaksanakan apel gabungan ini diharapkan menjadi momentum kesiapsiagaan bersama dalam melakukan antisipasi bencana alam, pengamanan Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di tengah pandemi Covid-19.

“Sosialisasi tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan 3M + 1T (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun) kepada masyarakat semakin digencarkan guna pencegahan Covid-19,” tambahnya.

Kegiatan diakhiri dengan pengecekan pasukan, serta sarana dan prasarana (sarpras) guna kesiapan penanggulangan bencana alam oleh Kapolres yang didampingi forkopimda Kabupaten Tulang Bawang.(wr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini